BNPB Perlu Punya Program Edukasi Kebencanaan Bagi Masyarakat

Petugas memantau hasil pemeriksaan dan aktivitas dampak gempa bumi Lombok di Kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA – Pengamat Maritim, Siswanto Rusdi mengingatkan, sebagai lembaga terdepan dalam penanganan bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB harus memiliki program edukasi soal kebencanaan bagi masyarakat.

Gempa M 6,1 Guncang Pasaman Barat, BNPB: 2 Meninggal, 20 Luka-luka

Sebab, Rusdi menilai, BNPB belum memenuhi peran edukatif bagi masyarakat. Dia pun khawatir bahwa jajaran Pemda di seluruh wilayah Indonesia, sebenarnya belum terlalu sadar diri mengenai pentingnya pendidikan kebencanaan tersebut.

"Penting bagi BNPB, memiliki program edukasi berikut proses mitigasinya. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, karena memang bencana di kita ini aktifnya juga baru belakangan," kata Rusdi dalam sebuah diskusi bertajuk "Menata Mitigasi Bencana Lewat Sulteng” di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 13 Oktober 2018.

BNPB: Daerah-daerah yang Punya Isoter Rendah, Kematiannya Tinggi

Selain itu, Rusdi juga mengingatkan akan pentingnya menjaga validitas dan frekuensi informasi terkait soal kebencanaan. Agar pihak-pihak yang bertanggung jawab mengamati adanya potensi bencana dengan melihat sebuah fenomena alam, dan menginformasikan kepada masyarakat secara cermat.

Karenanya, Rusdi menilai, saat ini adalah waktu yang tepat bagi BNPB, beserta segenap elemen pemerintah dan masyarakat, untuk mulai mengintensifkan upaya edukasi mengenai masalah kebencanaan tersebut.

510 Rumah Rusak Akibat Diterjang Angin Kencang di Yogyakarta

"Jadi, ya mari sama-sama menyempatkan diri mendapatkan edukasi, agar masyarakat bisa siap hadapi bencana," ujarnya.

Banjir terjadi di Serang, Banten

BNPB: 3 Warga Meninggal dan 2 Hilang Akibat Banjir di Serang

Sebanyak 2.413 KK yang tinggal di 2.413 rumah masih terdampak banjir dengan tinggi muka air (TMA) antara 50-200 sentimeter.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022