Polisi Usut Pembalakan Liar Diduga Sebabkan Banjir Bandang Tanah Datar

Banjir bandang di Tanah Datar Sumatera Barat
Sumber :
  • ANTARA/McAeil

VIVA – Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fakhrizal menegaskan bahwa pihaknya bakal segera mengusut soal dugaan illegal logging ‘pembalakan liar’ yang menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir bandang di Jorong Tanah Batu Piyubuah, Kenagarian Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Kamis Sore 11 Oktober 2018.

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

“Kita akan dalami. Selain faktor alam, kita akan mendalami dugaan adanya campur tangan manusia hingga terjadi seperti ini,” kata Irjen Pol Fakhrizal di sela kunjungan di lokasi banjir bandang, Sabtu 13 Oktober 2018.

Fakhrizal menjelaskan, investigasi untuk memastikan apakah adanya praktik illegal logging akan dilaksanakan setelah proses pencarian, evakuasi dan penanganan terhadap warga terdampak usai. Masa tanggap darurat sudah ditetapkan selama satu pekan.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

“Itu nanti, setelah proses tanggap darurat selesai. Nanti kita turunkan tim untuk investigasi,” ujarnya.

Selain itu, Fakhrizal menyebutkan bahwabpihaknya akan mengupayakan adanya tambahan alat berat agar proses pembersihan sisa-sisa material lumpur cepat selesai. Ia menganggap, satu unit alat berat yang ada saat ini masih kurang. Terutama jika melihat dampak yang ditimbulkan akibat banjir bandang ini cukup besar. 

Lebih dari 13.000 Orang Dievakuasi di Kazakhstan karena Banjir

Tak hanya itu saja, Fakhrizal memastikan jika K9 atau satuan elite khusus satwa atau pasukan anjing pelacak secepatnya akan dikerahkan untuk membantu pencarian terhadap korban yang masih belum ditemukan.

“Untuk membantu dan mempermudah proses pencarian korban, kita akan mengerahkan anjing pelacak. Saat ini, masih dalam perjalanan menuju ke sini," kata dia.
 

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024