JK Paksa Toyota dan Mitsubishi Kasih Diskon 50 Persen ke Polisi

Wapres Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku pernah memaksa agen-agen besar penjualan mobil di Indonesia memberi diskon pembelian kendaraan hingga 50 persen untuk Kepolisian RI (Polri).

Bagaimana Orang Rusia Menggunakan Kode untuk Hindari Sensor dan Polisi

Hal itu terjadi saat ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) di Kabinet Gotong Royong Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri, pada 2001 hingga 2004.

"Saya undang agen penjualan, Toyota, Mitsubishi, dan sebagainya. Saya bilang, Anda mau naik penjualan? Kalau mau naik penjualan, saya mau beli mobil lima ribu unit, tapi harganya setengah," ujar JK, berbicara dalam seminar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Senin, 15 Oktober 2018.

Polisi Australia Penembak Mati Pria Aborigin Divonis Tak Bersalah

Menurut JK, hal itu perlu dilakukan karena situasi keamanan negara pasca-Reformasi, masih belum sepenuhnya baik. Sementara, sarana dan prasarana untuk menjaga keamanan yang dimiliki Polri pada saat itu juga belum sepenuhnya memadai.

"Lihat mobil polisi hanya Kijang tua. Bagaimana bisa mengejar penjahat kalau mobil penjahat lebih banyak dari polisi?" ujar JK.

Aliran Dana Diendus Lewat Payment Gateway, Indra Kenz Tak Main Sendiri

JK menyampaikan, ia memberi penekanan kepada agen-agen penjualan mobil pada akhirnya akan memberi keuntungan kepada mereka sendiri, bukan kepada Polri. Pasalnya, situasi keamanan yang terjaga karena Polri memiliki sarana dan prasarana yang baik akan memberi dampak terhadap meningkatnya ekonomi yang membuat masyarakat memiliki kemampuan juga membeli mobil.

"Dengan ada mobil polisi yang lebih bagus, tidak mogok, negara menjadi aman, Anda (agen penjualan mobil) bisa jualan mobil dengan baik." (mus) 

Anggota Polres Lombok Tengah yang berjanggut dihukum push-up

Pelihara Jenggot, Anggota Polres Lombok Tengah Kena Sanksi

Jelang MotoGP, anggota polisi di NTB mesti tertib disiplin dan patuh. Jangan ada anggota yang melanggar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022