Ratusan Hektare Perkebunan di Pasaman Barat Rusak Parah Akibat Banjir

Kabupaten Mandailing Natal, Kota Sibolga, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Pasaman Barat.
Sumber :
  • Twitter.com/sutopo_pn

VIVA – Selain menimbulkan korban jiwa, banjir bandang yang terjadi di Sumatera Barat, Kamis 11 Oktober 2018  juga menghabiskan ratusan hektare lahan perkebunan jeruk dan palawija milik warga di Kecamatan Sasak, Kabupaten Pasaman Barat. Kerusakan paling parah adalah lahan perkebunan jeruk dan padi.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Infromasi yang berhasil di himpun di lapangan, lahan kebun jeruk dan padi saat ini sedang memasuki musim panen. Bisa dipastikan, setelah terendam banjir, buah jeruk akan rusak dan membusuk begitu juga dengan tanaman padi.

"Banjir kali ini merusak tanaman dan lahan pertanian masyarakat di sejumlah Kecamatan seperti Kecamatan Sasak, Pasaman Barat, Ranah Batahan, Lembah Malintang dan Sungai Beremas. Bisa dipastikan masyarakat akan rugi pada musim panen ini,"kata Saripun salajh seorang warga setempat, Senin 15 Oktober 2018.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Anjing pelacak diturunkan cari korban banjir bandang di Sumbar

Meski demikian, menurut Saripun setelah banjir surut para petani berusaha mencari dan menyelamatkan tanaman yang masih bisa di jual. Namun, kekhawatiran terbesar masyarakat adalah, matinya batang jeruk atau pokok tanaman mereka lainnya.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Hingga hari kelima pascabanjir tersebut, belum ada data resmi berapa total kerugian yang dialami masyarakat Pasaman Barat, akibat musibah ini. Hingga kini, masyarakat dan pemerintah masih melakukan pendataan, karena di beberapa titik lahan masyarakat masih tergenang banjir.

Masyarakat masih berharap, pascabanjir akan ada bantuan dari dinas terkait. Minimal bantuan modal awal untuk memulai kembali usaha pertanian mereka.

Banjir melanda provinsi Guangdong, China

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Banjir melanda provinsi Guangdong di China selatan, usai hujan badai yang deras melanda selama akhir pekan lalu, dan menewaskan sedikitnya empat orang ketika air meluap m

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024