Polisi Yakin Penembakan DPR Peluru Nyasar, Ini Alasan Kuatnya

Penembakan di ruang anggota DPR RI
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan telah selesai melakukan Olah Kejadian Perkara atau Olah TKP di ruang kerja Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Wenny Warrouw di lantai 16 dan ruang kerja Bambang Heri Purnama dari Fraksi Golkar di Lantai 13. 

Seorang Pendeta Ditikam saat Sedang Pimpin Upacara Ibadah di Sebuah Gereja

Niko mengatakan, dari hasil olah TKP diperoleh kesimpulan bahwa peluru yang masuk ke ruangan tersebut merupakan peluru nyasar. Kesimpulan diperkuat dengan adanya beberapa hal. Pertama adalah lokasi ruangan yang sejajar dengan lapangan tembak. Kemudian, arah masuknya peluruh juga berasal dari arah yang sama dengan lapangan tembak.

"Telah dilakukan pendataan antara jarak dan titik masuknya lubang peluru dengan pentalannya. Lalu, di ruang pak Bambang juga kami lakukan olah TKP, dari olah TKP sementara, arah peluru sejajar dengan lapangan tembak," kata Nico di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin 15 Oktober 2018

2 Tersangka Penembakan di Rumah Aktor Salman Khan Ditangkap Polisi

Kesimpulan bahwa peluru tersebut merupakan peluru nyasar juga diperkuat dengan adanya sejumlah orang yang latihan pada sekitar jam 13.00 WIB sampai dengan jam 15.00 WIB di lapangan tembak. Yang mana waktu tersebut hampir bersamaan dengan peristiwa penembakan itu berlangsung. Salah satu yang melakukan latihan menembak tersebut adalah seseorang berinisial I.

Seseorang yang berinisial I inilah yang diduga kuat melepaskan tembakan sehingga mengenai ruang kerja anggota DPR tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, pihak kepolisian mengamankan I dan segera menyita senjatanya untuk diuji di labfor.
 
"Dari orang yang latihan, yang inisialnya I sudah kami ambil keterangan dan sudah kami ambil senjatanya kemudian Kami kirimkan ke labfor antara proyektil di ruangan dengan senjata I tadi," ujarnya

Penembakan di Bandara Internasional Kuala Lumpur: Bodyguard Luka Parah, Pelaku Kabur

Terkait kasus ini, Nico mengatakan akan ditangani oleh Polda Metro Jaya. Saat ini pelaku sudah diamankan untuk dimintai keterangan. "Kami bersyukur, tidak ada korban. Namun kami berkoordinasi dengan Perbakin dan ketua Perbakin juga mudah-mudahan faktor keamanan jadi perhatian juga," ujarnya.

Tersangka penembakan terhadap istrinya di Bandara Internasional Kuala Lumpur

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

Tersangka penembakan terhadap istrinya di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) berusaha melarikan diri dari Malaysia dengan menggunakan identitas palsu.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024