Mendagri Siap Copot Bupati Neneng

Tersangka selaku Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin tiba di kantor KPK, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengungkapkan lembaganya tengah menyiapkan surat pencopotan dan pengganti Bupati Bekasi, Neneng Hassanah Yasin. Pemberhentian dan menggantikan tersebut akan dilakukan, bila Komisi Pemberantasan Korupsi resmi menahan Neneng.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

"Kita tunggu proses pemeriksaan KPK. Kalau ditahan, bisa hari ini Plt (pelaksana tugas)nya ditetapkan. Dan, diserahkan oleh Gubernur Jabar," kata Tjahjo melalui pesan singkatnya, Selasa 16 Oktober 2018.

Menurut mantan Sekjen PDIP ini, langkah cepat pergantian Bupati Bekasi, seperti yang dilakukan terhadap Bupati Malang Jawa Timur. Hal ini, demi berjalannya sistem pemerintahan di daerah. 

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan

Pergantian kepala daerah yang ditangkap KPK, dilakukan hingga adanya keputusan hukum tetap. "Sebagaimana keputusan undang undang, agar pemerintahan di daerah berjalan. Ada yang tanggung jawab sampai berkekuatan hukum," ujarnya.

Sebelumnya, penyidik komisi antikorupsi telah menetapkan status tersangka terhadap Neneng terkait pengurusan izin pembangunan proyek Meikarta.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Neneng dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Bekasi diduga dijanjikan fee sebesar Rp13 miliar di fase pertama oleh Lippo Group. Namun, baru sekitar Rp7 miliar yang terealisasi. Uang itu diduga diberikan oleh Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro lewat pegawai dan dua konsultannya. (asp)

Sandra Dewi Hadir untuk Diperiksa Kejagung

Kabar Sandra Dewi Dicekal Kejagung, Pengacara Harvey Moeis Bilang Begini

Harris Arthur Hedar selaku kuasa hukum Harvey Moeis, menampik kalau Sandra Dewi dicekal Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus korupsi tata niaga timah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024