Logo BBC

Ada Bahaya di Balik Meme 'Tenggelamkan' Menteri Susi yang Lucu

 - BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan bagaimana dia memanfaatkan kepopulerannya di media sosial untuk mengkampanyekan tujuannya.

Dalam sebuah meme yang ikonik, Susi difoto dengan kacamata hitam dan baret tentara, dengan latar belakang api dan asap kapal-kapal yang diledakkan.

"Saya pakai kacamata hitam, bukan karena mau kelihatan cool, tapi karena hari itu memang panas sekali, dan kemudian saya dipinjami baret tentara. Foto itu kemudian yang malah jadi meme yang bagus," kata Susi saat berdialog editor BBC Indonesia Rebecca Henschke dalam rangkaian acara Ubud Writers and Readers Festival di Bali, 26 Oktober.

Dia menjelaskan bahwa peledakan kapal adalah caranya membuat sensasi demi efek jera bagi para pencari ikan ilegal. Saat itu, 10 kilogram dinamit diletakkan di palka, kemudian dinamit tersebut ditembak, dan kapal pun meledak.

"Tidak ada yang lebih mengerikan bagi para pemilik kapal daripada melihat kapalnya diledakkan," kata Susi. Selama empat tahun menjabat sebagai menteri, sudah 488 kapal asing yang diledakkan atas perintahnya.

Susi mengakui bahwa sebenarnya kapal bisa ditenggelamkan dengan cara lain, yang membuat kapal tenggelam perlahan. Tapi dia ingin pakai cara yang sensasional. "Jadi saya berhitung mundur, tiga, dua, satu dan boom, meledak. Tenggelamkan," kata dia.

Dia tak menyangka pilihan kata yang dia pilih, "tenggelamkan" juga menjadi ekspresi yang viral dan populer digunakan oleh warganet. Kata itu menjadi sebuah ekspresi yang digunakan untuk menanggapi berbagai situasi.