Ketua DPR Minta Semua Pihak Menahan Diri soal Pembakaran Bendera

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengingatkan para elite dan tokoh masyarakat agar menahan diri dan tak terpancing terhadap isu yang mengadu domba. Hal ini disampaikannya terkait aksi-aksi demonstrasi di sejumlah daerah akibat pembakaran bendera di Garut, Jawa Barat beberapa waktu yang lalu.

Ketua MPR: Putusan MK Menjadi Akhir dari Berbagai Upaya Hukum Konstitusional

"Saya berkali-kali mengingatkan pada elite dan tokoh masyarakat termasuk juga masyarakat untuk menahan diri bahwa jangan terpancing dengan isu-isu atau upaya-upaya untuk mengadu domba sesama kita," kata Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Jumat 26 Oktober 2018.

Ia menilai, memang perlu dipertanyakan apakah pembakaran bendera ada unsur kesengajaan untuk memancing di air keruh atau memang ketidaktahuan. 

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

"Biar nanti polisi yang menjelaskannya secara tuntas berdasarkan penyelidikan yang dilakukan dengan memanggil para pihak dan memeriksa para pihak," kata ketua DPR.

Polisi sudah mengamankan pria yang membawa bendera tersebut ke acara Hari Santri Nasional di Garut hingga kemudian bendera itu dibakar oleh Banser, karena dianggap bendera organisasi terlarang HTI. Namun, sejumlah pihak menilai bahwa Banser membakar bendera tauhid dan bukan HTI.

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo

Politikus Golkar itu menegaskan lagi agar semua pihak menahan diri. "Mari semua kita menahan diri, kita tidak ingin antar anak-anak bangsa kita saling caci maki dan saling serang yang ujungnya tidak ada gunanya," kata Bamsoet.

Ketua MPR Bambang Soesatyo saat membuka sidang tahunan MPR 2023

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, seluruh elemen bangsa perlu bergandengan tangan,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024