Jadi Tuan Rumah Konferensi Laut Dunia, RI Bakal Loloskan Agenda Ini

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menlu Retno Marsudi. Dua menteri perempuan di kabinet Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Our Ocean Conference 2018 atau Konferensi Laut Dunia 2018. Hal ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam diplomasi maritim khususnya untuk memastikan keberlanjutan dan kelestarian laut dunia.

Sang Penjaga Samudra, Kiprah Laksdya TNI Denih Hendrata

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir diplomasi maritim Indonesia semakin jelas dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari politik luar negeri Indonesia.

"Diplomasi maritim menjadi bagian tidak terpisahkan dari kebijakan luar negeri Indonesia, yang melengkapi dan meningkatkan diplomasi aktif kami pada isu perdamaian dan kemanusiaan di tingkat regional dan global," kata Retno dalam Our Ocean Conference di Nusa Dua, Bali, Senin, 29 Oktober 2018.

6 Negara dengan Angkatan Laut Paling Kuat di Dunia, Posisi Indonesia Membanggakan!

Retno menungkapkan, Indonesia mengharapkan adanya komitmen yang bersifat konkret lewat pertemuan ini. Salah satunya, Indonesia akan mengusulkan adanya review mechanism untuk mendekatkan kemungkinan adanya kesenjangan antara komitmen janji dengan implementasi.

"Review ini menjadi salah satu usulan konkret Indonesia untuk forum ini dan sudah dibahas dengan beberapa negara kunci," ujar Retno.

Indonesia Provides 10 Millilon Polio Vaccine Doses to Afghanistan

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, beberapa topik yang dibahas oleh para delegasi antara lain soal sustainable fisheries, keamanan maritim, blue economy, perubahan iklim dan sampah laut.

"Kita mengharapkan adanya kerja sama dengan semua stakeholders untuk melawan semua ancaman yang mengancam kesehatan dan produktivitas laut. Kita juga akan mulai tracking daripada komitmen yang pernah dibuat. Kita sudah ada 663 komitmen maka kita mau lihat seberapa jauh pencapaiannya," ungkap Susi. (ase)

Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina Bangga, Film Budi Pekerti Dipuji Menlu Retno Marsudi

Film Budi Pekerti berhasil raih 17 nominasi dalam ajang bergengsi, Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Budi Pekerti jadi film yang meraih nominasi terbanyak

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024