Tarik Uang di ATM Tanpa Kurangi Tabungan, Pria Ini Diciduk Polisi

Polisi menunjukkan barang bukti dan tersangka pencurian uang ATM
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Seorang pria berinisial AYS terbilang mahir menguras uang di Anjungan Tunai Mandiri atau ATM. Lelaki  kelahiran Bekasi, Jawa Barat, 39 tahun lalu itu berulang kali menarik uang ratusan juta rupiah tanpa mengurangi uang di tabungannya. 

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini

Namun, hal itu dia lakukan dengan cara mencongkel ATM. Akibatnya AYS kini harus berurusan dengan polisi. Dia ditangkap petugas Subdit Jatanras Direktorat Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Awalnya, polisi menerima laporan dari pihak Bank Rakyat Indonesia yang mengalami kerusakan fasilitas ATM, di beberapa daerah di Jawa Timur. Selain rusak, uang di dalam ATM juga berkurang karena dicuri tersangka. 

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

"Kami menyelidiki dan tersangka kami amankan beberapa hari lalu," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, Ajun Komisaris Besar Polisi Leonard Sinambela, di Markas Polda Jatim, Surabaya, Selasa, 30 Oktober 2018. 

Dia menjelaskan, tersangka sudah beraksi belasan kali di beberapa daerah di Jawa Timur. Di antaranya di Bondowoso, Situbondo, kabupaten dan kota Probolinggo. "Kebetulan berdasarkan laporan di ATM BRI, tidak menutup kemungkinan tersangka melakukan kejahatan sama di ATM bank lain," ujar Leonard. 

Pelaku Pencurian Motor Tewas Dikeroyok Massa di Tangerang

Cara tersangka mencuri uang di ATM cukup canggih. Seperti nasabah lain, AYS juga menggunakan ATM miliknya saat melakukan transaksi di ATM. 

Bersamaan dengan itu, menurut Leonard, tersangka mencongkel lubang uang di ATM. "Tersangka berhasil mengambil uang tanpa mengurangi uang di ATM-nya sendiri," kata Leonard.

Akibat perbuatan AYS, pihak BRI mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Leonard mengatakan, berdasarkan rekaman CCTV di fasilitas ATM yang dicuri, tersangka AYS beraksi bersama dua temannya. Teman tersangka tersebut buron dan kini masih dalam pengejaran. "Tersangka ini residivis kasus pencurian," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya