Operasi Zebra, Ini Jenis Pelanggaran yang Bakal Ditilang Polisi

Ilustrasi operasi zebra
Sumber :
  • ANTARA Foto/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Polisi menggelar Operasi Zebra 2018 mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018 secara serentak, di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu untuk mendorong terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Operasi Zebra Digelar di Depok, Catat Jenis Pelanggaran yang Akan Ditindak Tegas

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri mengatakan, ada beberapa pelanggaran lalu lintas yang menjadi perhatian dalam operasi ini.

Pertama, polisi akan menindak tegas bagi pengendara yang menggunakan hand phone saat berkendara. "Lalu pengemudi yang melakukan lawan arus dan pengemudi sepeda motor yang melebihi kapasitas (muatan dan orang)," kata Refdi dalam keterangan tertulis, Rabu, 31 Oktober 2018.

Warganet Minta Polisi Tindak Motor Tanpa Pelat Nomor Belakang

Kemudian, pengemudi masih di bawah umur, pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm, sabuk pengaman bagi pengendara mobil. "Lalu kami akan menindak pengemudi yang menggunakan narkoba dan mabuk serta pengemudi yang melebihi batas kecepatan," katanya.

Untuk menekan pelanggaran lalu lintas, Refdi menegaskan kepada seluruh bawahannya untuk melaksanakan penegakkan hukum tegas kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran.

Polda Metro Gelar Razia Kendaraan Mulai Hari Ini sampai 1 Oktober, 2.939 Personel Diturunkan

Dalam operasi ini, polisi akan lebih banyak mengedepankan pola represif atau penilangan terhadap pelanggar. "Kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau melanggar lalu lintas langsung ditindak tegas alias tilang di tempat," katanya.

Ia berharap, dengan adanya Operasi Zebra ini dapat mendorong masyarakat untuk bersama-sama lebih mewujudkan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. "Kami berharap dapat terwujud Kamseltibcarlantas, semoga kegiatan ini berjalan aman dan lancar," ujarnya. (mus)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Ratusan Pengendara Ditilang Selama 2 Hari Operasi Zebra, Ada yang Lawan Arus hingga Main HP

Ratusan pengendara yang melanggar itu ditilang lewat kamera ETLE.

img_title
VIVA.co.id
20 September 2023