Logo BBC

Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang 'Kotak Hitam' Pesawat Terbang

Kotak hitam pesawat
Kotak hitam pesawat
Sumber :
  • bbc

Para petugas pencarian Basarnas yang diperkuat tim penyelam dari TNI AL bisa menemukan kotak hitam pesawat Boeing 737 Max 8, empat hari setelah Lion Air JT610 itu jatuh di Teluk Karawang dalam perjalanan dari Jakarta ke Pangkal Pinang

Salah satu kotak hitam itu ditemukan di balik lumpur dasar laut, di kedalaman sekitar 30 meter, setelah tim peyelam `menggali-gali` lumpur itu sekitar satu meter, mengikuti sinyal yang diterima alat pemindai, kata Sertu Hendra, salah satu anggota tim penyelam Yon Taifib -Batalion Intai Amfibi.

Sehari sebelumnya, lokasi kotak hitam dideteksi oleh tim pencari.

Ini tergolong cepat, dibandingkan misalnya upaya pencarian kotak hitam pesawat EgyptAir nomor penerbangan 804 yang jatuh di Laut Tengah, Mei 2015. Saat itu butuh sekitar satu bulan pencarian sebelum kotak hitam itu ditemukan.

Saat itu setelah lokasi diketahui melalui sinyal yang bisa dideteksi, masih diperlukan beberapa hari untuk menemukan dan mengambil kotak hitam yang berada di dasar laut yang kedalamannya 3.000 meter tersebut.

Sementara itu kotak hitam pesawat Air France Air 447 rute Paris-Rio de Janeiro yang jatuh di Samudra Atlantik 1 Juni 2009, baru ditemukan hampir dua tahun kemudian, pada Mei 2011.

Segala sumber daya selalu dikerahkan untuk mencari dan mengambil peranti ini, kendati memakan waktu begitu lama dan biaya begitu besar, karena pada alat inilah terdapat perekam data penerbangan dan rekaman pembicaraan pilot, yang bisa menjadi dasar analisis penyebab kecelakaan.


- BBC

Namun tetap saja: ada kotak hitam yangtak berhasil ditemukan. Salah satunya adalah pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sampai sekarang dan menjadi misteri yang tak kunjung terpecahkan.

Kalau kotak hitam itu bisa begitu sulit pencariannya, selain mahal, mengapa teknologi pencatatan data penerbangan itu masih juga digunakan sekarang?

Ketika pusat pengendali di bumi sudah bisa mengoperasikan wahana di permukaan Mars, puluhan juta kilometer dari Bumi, ketika telepon genggam bisa menerima informasi lalu lintas setiap menit, mengapa kita tak bisa melacak lokasi pesawat terbang komersial secara ?


- BBC