KNKT Libatkan Boeing dan NTSB Amerika Buka Black Box Lion Air JT-610

Penemuan Black Box Lion Air JT 610
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi menerima kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Benda penting itu diterima KNKT pada Kamis malam, 1 November 2018 di JICT 2 Tanjung Priok Jakarta Utara.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono meyakini Black Box yang didapat adalah FDR pesawat yang merekam seluruh data penerbangan pesawat. Sebab alat itu memiliki banyak kabel di dalamnya. Malam ini juga data dalam FDR dibaca dibaca.

Pembacaan data kotak hitam akan dibantu petugas produsen pesawat, yakni Boeing. KNKT melibatkan juga The National Transportation Safety Board (NTSB) Amerika.

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

“Kalau dengan NTSB, mereka kan berkewajiban untuk membantu investigasi ini. Kalau kita bertanya mengenai sistem pesawat, karena ini pesawat masih baru, jadi banyak data atau yang di luar standar yang ada di kita. Kita bisa melalui NTSB untuk bertanya kepada Boeing," ujarnya.

Meski data pada kotak hitam itu dibuka malam ini, belum diketahui kapan hasilnya diumumkan. Sebab untuk mengunduh dan membaca data saja diperlukan waktu sekitar satu atau dua minggu.

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih
Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Lion Air Group angkat bicara soal kabar yang beredar yang menyebutkan dua pegawai mereka ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024