Bahaya, Permintaan Ekstasi Meningkat Jelang Perayaan Akhir Tahun

Barang bukti ekstasi
Sumber :
  • Antara/Fanny Octavianus

VIVA – Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri menemukan, terdapat peningkatan jumlah narkotika jenis pil ekstasi, di beberapa kota-kota besar di Indonesia saat momentum akhir tahun. Barang haram itu diduga akan digunakan untuk memenuhi permintaan konsumen saat perayaan Tahun Baru 2019. 

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Hasil tersebut didapatkan dari Analisa dan Evaluasi (Anev) yang dilakukan oleh Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri. Dalam data tersebut didapatkan hasil bahwa pil haram itu akan diedarkan melalui tempat-tempat hiburan malam. 

"Peningkatan yang cukup signifikan terhadap jumlah barang bukti ekstasi menunjukkan meningkatnya permintaan ekstasi untuk diedarkan ke tempat-tempat hiburan, khususnya menjelang perayaan akhir tahun di kota-kota besar," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Polisi Eko Daniyanto, dalam keterangan tertulis, Jumat, 2 November 2018.

Sinergi Bea Cukai dan Bareskrim Polri Kembali Bongkar Pabrik Ekstasi di Sunter

Eko mengungkapkan, dari data evaluasi yang dilakukan pada minggu pertama ini, pihaknya telah berhasil melakukan penyitaan barang bukti pil ekstasi sebanyak 45.339,5 butir. 

Berdasarkan hasil penangkapan, dengan jumlah barang bukti narkotika jenis sabu dan ekstasi yang paling menonjol berada di wilayah hukum Polda Riau. Sebab, pada kawasan itu terungkap bahwa rute penyelundupan sabu melalui laut dari Malaysia ke Indonesia.

Polisi Gerebek Pabrik Ekstasi Fredy Pratama di Sunter, 4 Orang Jadi Tersangka

"Melalui jalur Johor - Dumai - Bengkalis masih merupakan jalur yang harus diwaspadai karena merupakan rute yang singkat dan dianggap jalur yang aman bagi para penyelundup narkoba dari Malaysia atau Johor ke Indonesia," kata Eko. 

Aparat juga mengendus adanya rute lain yang dijadikan jalur transaksi oleh para sindikat narkotika. Salah satunya adalah melalui jalur darat. 

"Selain jalur laut rute lain yang digunakan adalah melalui jalur darat untuk distribusi narkoba dari wilayah Pekanbaru ke wilayah Sumatera khususnya Palembang, Lampung dan Jawa," ujar Eko. 

Untuk minggu pertama di bulan ini, Bareskrim Polri mengungkap sebanyak 774 kasus tindak pidana narkoba. Dengan hasil itu, setidaknya aparat kepolisian telah berhasil menyelamatkan 481.338 anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya