KNKT Mengira Dua Black Box Lion Air Terpisah karena Benturan Keras

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi mempekirakan benturan keras menyebabkan dua kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT-610 terpisah jauh satu sama lain.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Satu kotak hitam berisi flight data recorder (FDR) ditemukan di kedalaman 30 meter di perairain Karawang pada Kamis, 1 November 2018. Tinggal satu kotak hitam lagi, cockpit voice recorder (CVR), berisi rekaman percakapan pilot, yang belum ditemukan.

"Sejauh-jauhnya terpisah tapi saya yakin dekat. Mungkin karena benturan dan hentakan besar, jadi yang baru ketemu FDR," kata Wakil Ketua KNKT, Haryo Satmiko, di Jakarta pada Jumat, 2 November 2018.

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Dia menjelaskan bahwa FDR dan CVR punya keterkaitan satu sama lain. Peranannya sama penting dalam mengungkap penyebab kecelakaan pesawat.

Menurut Investigator Kecelakaan Penerbangan KNKT, Ony Soerjo Wibowo, CVR mengeluarkan sinyal ping dengan frekuensi rata-rata 0,9 detik dengan kekuatan kekerasan besar suaranya 37 hertz sama dengan FDR. Tapi dia beluk mendapat kabar tentang sinyal dari CVR berdasarkan laporan anggota di lokasi.

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih

"Jadi, sekarang yang kita lakukan dari seluruh banyak itu kita bikin garis, kita triangulasi, nanti sampai ketemu titik yang paling akurat itu," ujarnya.

Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Lion Air Group angkat bicara soal kabar yang beredar yang menyebutkan dua pegawai mereka ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024