Menhub Budi Inspeksi Boeing 737 Max 8 Lion Air, Ini yang Diperiksa

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan kembali pesawat dengan Boeing 737 Max seri 8, yang dimiliki Lion Air dan Garuda laik beroperasi. Pengecekan pun dilakukan hari ini. 

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

Pengecekan tersebut dilakukan pada Maskapai Lion Air registrasi PK-LQM jenis Boeing 737 MAX 8 yang berada di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Kami kembali melakukan ramp check untuk pesawat jenis ini dan pesawat ini laik untuk terbang atau dioperasikan. Tak hanya itu, kehadiran kami kembali untuk memastikan, bahwa kelaikan udara dari semua Bandara di Indonesia terjamin dan terjaga dengan baik," katanya di Tangerang, Minggu 4 November 2018.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

Pantauan VIVA, pada pengecekan tersebut, Menteri Budi memeriksa sejumlah bagian dari pesawat seperti, bagian roda, mesin, dan juga ruang kemudi atau Kokpit.

"Tadi saya sudah cek ketentuan layak dan itu ada di log book-nya pesawat. Dimana, pada log book menetapkan syarat kelaikan penerbangan. Selain log book, saya juga lihat yang lain, bagaimana antisipasi-antisipasi bila ada kendala dalam rumah kemudi dan dijalankan. Kalau itu selesai, lalu tidak dapat indikasi kekurangan tentu laik," ungkapnya.

Mudik Lebaran 2024, Lion Air Grup Prediksi Kenaikan Penumpang 10-20 Persen

Seperti diketahui, pengecekan tersebut dilakukan, setelah tragedi jatuhnya maskapai Lion Air JT 610 di perairan Jawa. Penyebab jatuhnya pesawat yang membawa 178 penumpang dan delapan kru tersebut sampai saat ini masih diselidiki pihak KNKT.

Sebelumnya, pesawat terbaru yang digunakan tersebut dengan MAX seri 8 ini sempat mengalami kendala pada rute Denpasar-Jakarta hingga akhirnya jatuh pada Senin lalu, 29 Oktober 2018.

Pendiri Lion Group Rusdi Kirana

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

Pemilik Lion Group Rusdi Kirana mengungkapkan harapannya setelah Prabowo-Gibran diumumkan sebagai pemenang pemilu oleh KPU.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024