KNKT Minta Bantuan Tim Australia Pencari Black Box Pesawat MH-370

Petugas memeriksa turbin pesawat Lion Air JT 610 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu, 4 November 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT meminta bantuan tim dari Australia untuk mencari satu lagi kotak hitam atau black box berisi cockpit voice recorder pesawat Lion Air JT-610. Tim Australia itu pernah terlibat dalam pencarian kotak hitam pesawat Malaysia Airlines MH-370, yang hilang dan belum ditemukan hingga kini.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

KNKT perlu mendapatkan kotak hitam JT-610 yang berisi CVR untuk mengungkap penyebab kecelakaan pesawat itu. Sebab satu kotak hitam saja yang berisi flight data recorder atau FDR tidak cukup untuk menguak insiden itu.

Komite masih berkonsultasi dengan tim dari Australia untuk mencari kotak hitam CVR, sebagaimana dikatakan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di kantornya di Jakarta pada Senin, 5 November 2018.

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Kepala Sub Komite Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, menambahkan bahwa lembaganya berkonsultasi dengan pembuat black box, yaitu L3 Aviation Products. KNKT menanyakan kenapa sinyal CVR hilang, padahal kemarin sempat berbunyi, sehingga tim SAR kesulitan menemukan lokasi benda itu.

Lokasi CVR diyakini tak jauh dari tempat FDR ditemukan. Namun KNKT dan tim SAR tengah menyusun strategi lagi guna menemukannya.

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih
Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Lion Air Group angkat bicara soal kabar yang beredar yang menyebutkan dua pegawai mereka ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024