Pilpres 2019, Survei: Ada 51,6 Persen Suara Rahasia di Jabar

Lembaga survei Indopolling memaparkan hasil survei Pilpres 2019
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ridho Permana

VIVA – Direktur lembaga survei Indopolling, Wempy Hadir mengatakan, Jawa Barat menjadi daerah penting bagi dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

Berdasarkan survei yang dilakukan Indopolling pada periode 9-15 Oktober 2018, masih ada 51,6 persen suara rahasia ataupun yang belum memutuskan untuk memilih dua pasangan calon tersebut.

"Jadi dari survei kami, seandainya pemilihan langsung presiden dan wakil presiden dilaksanakan hari ini, siapa paslon yang akan Anda pilih? Yang menjawab Jokowi-Ma'ruf sebanyak 27, 0 persen. Untuk Prabowo-Sandi 21,4 persen, rahasia 22,4 persen, dan belum memutuskan 29,2 persen," kata Wempy saat diskusi Peta Elektoral Capres dan Parpol di Jawa Barat, Selasa, 6 November 2018.

Dilaporkan Hilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas Dicor Dalam Rumah di Cimahi

Artinya, menurut Wempy, masih banyak suara yang bisa diraup oleh kedua paslon. Selain itu, dari survei Indopolling, ada dua persoalan yang terjadi di Jawa Barat. Pertama, soal harga sembilan bahan pokok yang mahal dan susahnya mencari pekerjaan.

"Dari survei kami, responden yang menyebutkan harga kebutuhan pokok itu mahal sekitar 44,5 persen. Untuk susah mencari kerja sebanyak 19,5 persen," ujarnya.

BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir di DKI Jakarta

Survei yang dilakukan di Jawa Barat ini diambil dengan metode multistage random sampling. Adapun jumlah sampel dari survei ini sebanyak 1.200 responden, pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error (MoE) sebesar 2,8 persen.

Ilustrasi STNK di Jakarta.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Pemerintah daerah ini menghadirkan program istimewa yang memungkinkan Anda menghemat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor alias PKB.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024