Sidang Perdana, KPK Ungkap Pelarian Eks Bos Lippo ke Luar Negeri

Pengacara Lucas saat ditahan KPK.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus.

VIVA – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi akan menyidangkan perkara advokat Lucas pada hari ini. Sidang terduga pembuat kabur mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro itu rencananya akan digelar pada siang nanti.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan, pada sidang perdana ini, tim jaksa akan membeberkan secara detail peran Lucas yang diduga dengan sengaja menyembunyikan dan melarikan Eddy ke luar negeri.

"Tentu, kami akan menguraikan lebih lanjut fakta-fakta yang relevan, yang nanti akan kita buktikan di persidangan, seperti bagaimana sebenarnya peran dari terdakwa (Lucas)," kata Febri melalui pesan singkatnya, Rabu 7 Novemver 2018.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Febri mengatakan, KPK menduga Lucas mempunyai peran yang signifikan saat melarikan Eddy Sindoro ke luar negeri selama dua tahun. Padahal, ketika itu Eddy Sindoro telah ditetapkan tersangka oleh KPK.

"Peristiwa yang terjadi dalam penerbangan di Malaysia dan Indonesia, akan menjadi poin yang kami buktikan dalam proses persidangan," kata Febri.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Diketahui, Eddy Sindoro merupakan tersangka suap pada mantan Panitera Pengadilan Negeri Jakpus, Edy Nasution. Eddy Sindoro diduga memberi sejumlah uang kepada Edy Nasution untuk mengurus sejumlah perkara Lippo Group. (asp)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024