Remaja di Bekasi Paling Banyak Peminum Rebusan Pembalut

Kepala Badan Narkotika Nasional Jawa Barat Sufyan Syarif.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Konsumsi minuman air rebusan pembalut wanita di Jawa Barat dinilai sudah mengkhawatirkan. Daerah perbatasan Jawa Barat dengan Jakarta dianggap sebagai lokasi aktif konsumsi air tersebut.

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Barat, Brigjen Sufyan Syarif menjelaskan, aktivitas tersebut merupakan modus baru dalam penyalahgunaan bahan kimia. Dari laporan yang diterima, kawasan Bekasi menjadi daerah paling aktif konsumsi minuman tersebut.

“Ini modus baru, perkampungan daerah Bekasi. Jawa Barat itu penyangga ibu kota ya, Bekasi banyak ya, Bogor, Karawang kemudian sampai ke Sukabumi, Bandung juga, ini perlu diperhatikan sampai Cirebon,” ujar Sufyan di Bandung Jawa Barat, Rabu 8 Nopember 2018.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Bahkan, Sufyan mengakui, dari laporan yang diterimanya, wilayah perkampungan menjadi ruang aktivitas para peminum rendaman pembalut.

“Ini menunjukkan bahwa narkoba itu sudah masuk ke daerah-daerah. Di kampung-kampung sudah banyak, di desa-desa, di gunung-gunung,” katanya.

Ceramahnya Dituding Sindir Rhoma Irama, Ini Klarifikasi Umi Laila

Dengan keberadaan pembalut yang mudah dijangkau, lanjut Sufyan, pihaknya bekerjasama dengan organisasi kepemudaan terutama yang mengedepankan peran kaum perempuan.

"Iya kita kerja sama dengan desa, komunitas di desa mulai dari karang taruna hingga ibu-ibu pengajian supaya memberitahu akan bahayanya," katanya. 

Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024