KPK Panggil Mendagri dan Menpan RB Bahas Pengawas Internal Daerah

Mendagri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa, 16 Oktober 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi mengundang Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin ke kantor KPK, Jumat, 9 November 2018.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tampak mendatangi kantor KPK di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. "Diundang ketua KPK, biar KPK yang menjelaskan nanti," kata Tjahjo kepada awak media, Jumat, 9 November 2018. 

Terpisah, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan adanya undangan dari pimpinan KPK untuk Mendagri dan Menpan RB hari ini. Pertemuan itu untuk membahas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

"Mendagri dan Menpan teragendakan hari ini menghadiri pembahasan tentang penguatan APIP bersama pimpinan KPK dan (tim) pencegahan," kata Febri melalui pesan singkat.

Saat ini, KPK sudah menjerat banyak kepala daerah. Itu menjadi salah satu faktor yang dianggap KPK bahwa kinerja APIP belum maksimal untuk melakukan pengawasan korupsi di daerah.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

"KPK telah mengirimkan surat juga sebelumnya berdasar identifikasi dari sejumlah perkara kepala daerah yang ditangani dan kajian di pencegahan yang dilakukan bahwa sangat urgent untuk merevitalisasi APIP, baik dari aspek struktur dan independensinya," kata Febri.
 

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024