Mendagri Minta Anies Jembatani Pengganti Sandiaga Uno

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Menteri  Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat memediasi Gerindra dengan Partai Keadilan Sejahtera untuk segera memilih pengganti Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Diketahui, saat ini Gerindra dan PKS baru akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test dalam rangka itu.

"Kalau tak ada kompromi, kami cek gubernur di Sulawesi Tengah yang gempa kemarin. Itu sudah dua tahun kosong karena partai-partainya tidak sepakat untuk menentukan wakil," kata Tjahjo di kantor KPK, Jakarta, Jumat, 9 November 2018. 

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Tjahjo mengatakan, sudah mengirim surat kepada Anies dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, agar segera memilih calon wakil gubernur DKI. Namun, Tjahjo mengatakan tak bisa memaksa, lantaran semua berada di tangan partai pengusung.

"Saya enggak bisa maksa. Saya cuma mengingatkan pada DPRD, Pak Gubernur, segera diproses. Tapi kan tergantung partai pengusung," ujarnya.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Tjahjo menyadari, tak ada batasan waktu dalam memplot pengganti Sandi sebagai wakil gubernur DKI. Tjahjo juga tak mengetahui apakah kerja Anies terganggu karena sekitar tiga bulan tak memiliki pendamping.

"Apakah dengan satu orang itu mengganggu atau tidak, ya saya kira yang merasakan gubernurnya," kata politikus PDIP tersebut. (ase)

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2024

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Anies menyebut peluangnya di Pilgub Jakarta terbuka asal mendapat dukungan dari masyarakat dan parpol, karena baru menjabat satu periode di Jakarta. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024