Mendagri Minta Anies Jembatani Pengganti Sandiaga Uno

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Menteri  Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat memediasi Gerindra dengan Partai Keadilan Sejahtera untuk segera memilih pengganti Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Diketahui, saat ini Gerindra dan PKS baru akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test dalam rangka itu.

"Kalau tak ada kompromi, kami cek gubernur di Sulawesi Tengah yang gempa kemarin. Itu sudah dua tahun kosong karena partai-partainya tidak sepakat untuk menentukan wakil," kata Tjahjo di kantor KPK, Jakarta, Jumat, 9 November 2018. 

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Tjahjo mengatakan, sudah mengirim surat kepada Anies dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, agar segera memilih calon wakil gubernur DKI. Namun, Tjahjo mengatakan tak bisa memaksa, lantaran semua berada di tangan partai pengusung.

"Saya enggak bisa maksa. Saya cuma mengingatkan pada DPRD, Pak Gubernur, segera diproses. Tapi kan tergantung partai pengusung," ujarnya.

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

Tjahjo menyadari, tak ada batasan waktu dalam memplot pengganti Sandi sebagai wakil gubernur DKI. Tjahjo juga tak mengetahui apakah kerja Anies terganggu karena sekitar tiga bulan tak memiliki pendamping.

"Apakah dengan satu orang itu mengganggu atau tidak, ya saya kira yang merasakan gubernurnya," kata politikus PDIP tersebut. (ase)

Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Salah satu tuntutan diajukan dari tim Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, dalam gugatan hasil Pilpres 2024, di Mahkamah Konstitusi atau MK, adalah digelarnya pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024