Mendagri Minta Anies Jembatani Pengganti Sandiaga Uno

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Menteri  Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat memediasi Gerindra dengan Partai Keadilan Sejahtera untuk segera memilih pengganti Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Diketahui, saat ini Gerindra dan PKS baru akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test dalam rangka itu.

"Kalau tak ada kompromi, kami cek gubernur di Sulawesi Tengah yang gempa kemarin. Itu sudah dua tahun kosong karena partai-partainya tidak sepakat untuk menentukan wakil," kata Tjahjo di kantor KPK, Jakarta, Jumat, 9 November 2018. 

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Tjahjo mengatakan, sudah mengirim surat kepada Anies dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, agar segera memilih calon wakil gubernur DKI. Namun, Tjahjo mengatakan tak bisa memaksa, lantaran semua berada di tangan partai pengusung.

"Saya enggak bisa maksa. Saya cuma mengingatkan pada DPRD, Pak Gubernur, segera diproses. Tapi kan tergantung partai pengusung," ujarnya.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Tjahjo menyadari, tak ada batasan waktu dalam memplot pengganti Sandi sebagai wakil gubernur DKI. Tjahjo juga tak mengetahui apakah kerja Anies terganggu karena sekitar tiga bulan tak memiliki pendamping.

"Apakah dengan satu orang itu mengganggu atau tidak, ya saya kira yang merasakan gubernurnya," kata politikus PDIP tersebut. (ase)

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024