Jokowi Dianugerahi Gelar Pinisepuh Pasundan

Presiden Jokowi di acara Paguyuban Pasundan
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo diberi gelar anugerah sebagai Pinisepuh Pasundan di Gedung Pasundan, Bandung, Minggu 11 November 2018. Penganugerahan diawali dengan sajian tari merak. Setelah itu, dilakukan penyematan kujangmas dan cenderamata, sebagai tanda Presiden ke-7 RI Jokowi resmi menjadi Pinisepuh Pasundan. 

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Atas penghargaan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih. 

"Terima kasih yang sebesar besarnya atas penganugerahan Pinisepuh di Paguyuban Pasundan. Ini penghormatan yang luar biasa bagi saya," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya. 

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Tercatat, kunjungan ke Bandung, sudah lebih dari 30 kali Jokowi mendatangi kota ini. Mantan Gubernur DKI itu mengaku merasa nyaman dengan kota Kembang ini. 

"Saya merasa seperti di rumah sendiri. Apresiasi dan penghargaan tinggi karena warga Pasundan ramah-ramah selama di Bandung diterima dengan ramah dan terbuka," kata Jokowi. 

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Penduduk Jawa Barat, diakuinya sangat banyak. Ada sekitar 50 juta jiwa yakni 20 persen dari total seluruh penduduk Indonesia. 

Selain itu banyak juga tokoh nasional yang dilahirkan di Pasundan. Jokowi menyebut di antaranya Ir Juanda yang semasa hidupnya menyatukan pulau-pulau di Indonesia yang dikenal Deklarasi Juanda. Bahkan bandara udara di Jawa Timur menggunakan nama tokoh Pasundan, Ir Juanda yang menjadi Bandara Juanda di Sidoarjo Jawa Timur. 

"Dengan kerendahan hati ingin mohon masukan-masukan kepada saya terutama dan ikut membangun Provinsi Jawa Barat," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya