Pemerintah Gencar Bagikan e-KTP ke Masyarakat Penganut Kepercayaan

Ilustrasi e-KTP
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, program e-KTP bagi penganut penghayat terus berjalan.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Kami sudah merekam. Penghayat hanya 135-an ribu orang. Blankonya sudah dicetak," kata Tjahjo di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin, 12 November 2018.

Tjahjo menjelaskan dirinya melakukan pemantauan langsung proses perekaman e-KTP penghayat. Bahkan di beberapa daerah seperti Badui, Provinsi Banten, menurutnya telah selesai.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Yang saya monitor semua sudah kita ganti e-KTP, warga penghayat di masyarakat Badui. Sudah turun langsung. Saya minta kayak Sunda Wiwitan segera dikirim," jelasnya.

Mantan Sekretaris Jenderal PDIP ini juga meminta para penganut kepercayaan untuk proaktif, agar proses pembuatan e-KTP bagi penganut kepercayaan bisa segera selesai.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

“Saya minta warganya juga proaktif. Blangkonya ada. Datangi petugas Dukcapil. Saya sudah punya e-KTP tolong diganti," katanya.

Pemerintah mempersiapkan kartu tanda penduduk elektronik khusus untuk para penganut aliran kepercayaan. Langkah ini diambil untuk mengakomodasi putusan Mahkamah Konstitusi perkara Nomor 97/PPU-XIV/2016. (ase)

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023