Universitas Bakrie Gelar Diskusi, Polemik Transportasi Online

Diskusi soal transportasi online di Universitas Bakrie, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • Ridho Permana

VIVA – Kompleksnya persoalan transportasi online menjadi perhatian berbagai kalangan. Termasuk oleh kalangan perguruan tinggi di Indonesia. Melihat fenomena semrawutnya transportasi online, digelar diskusi soal transportasi online di Universitas Bakrie, Jakarta Selatan.

DKI Berencana Pajaki Online Shop hingga Ojol, Kemenkeu Ingatkan soal Pajak Berganda

Hadir dalam diskusi ini Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi. Dia menjelaskan bahwa sejumlah negara di dunia hingga saat ini belum berhasil mengatur transportasi online. Juga di Indonesia.

Setelah ada Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2014 tentang angkutan jalan, kemudian terbit aturan baru yang memperbolehkan transportasi online. Ini tertuang dalam revisi Peraturan Menteri Nomor 32 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Rawan Terjadi di Transportasi Online, Para Ojol Dapat Pelatihan Pencegahan Kekerasan Seksual

"Melihat banyak kejadian soal transportasi online, apakah pemerintah tidak bertindak tegas? Jawabannya pemerintah sudah mengeluarkan regulasi, mulai dari PM 74 tahun 2014, selanjutnya revisi PM 32 tahun 2016," ujar Budi saat diskusi di Universitas Bakrie, Selasa 13 November 2018.

Budi menuturkan, setelah itu pemerintah juga mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 108 Tahun 2017 Tentang Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Kadishub DKI Sebut Ojek Online Tak Akan Dikenakan ERP

"Beberapa pasal sebelumnya digugat ke Mahkamah Agung (MA), ada pasal yang dianulir. Pada proses persidangannya kami tidak menghadiri, akhirnya dikeluarkan Permenhub 108 tahun 2017 itu," katanya.

Vice President Enterprise Product Management Telkomsel Hanang Setiohargo.

Mendongkrak Pendapatan Mitra Pengemudi

Telkomsel sudah mengimplementasikan Fitur Differensiasi QoS Class Identifier (QCI) untuk memfasilitasi lebih dari 2,6 juta mitra pengemudi layanan transportasi online.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023