Ma'ruf Amin Sebut Jokowi Pernah Nyantri di Situbondo

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengutarakan bahwa Joko Widodo juga pernah menjadi santri di pondok pesantren. Ia mengungkapkan cerita Jokowi pernah nyantri di pondok pesantren di Situbondo, Jawa Timur.

Wapres: Air Bersih Penentu Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

"Beliau itu dianggap sebagai santri Situbondo karena ada hubungan keilmuan. Yang mengajari agama Pak Jokowi itu alumni senior," kata Ma'ruf di kediamannya kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 13 November 2018.

Ma'ruf menjelaskan, apa yang dijalankan Jokowi bukan mondok, seperti kebanyakan santri berada di pesantren secara menetap.

Wapres: Stunting Rugikan Negara Hingga Rp450 Triliun

Kata dia, Jokowi belajar agama secara mendalam dari para Kiai di Situbondo berdasarkan keilmuan.

"Biasa di dalam situasi jalur keilmuan ada semacam dianggap sebagai santri," kata Ma’ruf.

Mario Suryo Aji Minta Restu Wapres Jelang Tampil di Moto3 2022

Sebelumnya, Ma'ruf menyampaikan, informasi terkait Jokowi pernah belajar di pondok pesantren saat mengunjungi wilayah Banten, kemarin. Ia menceritakan hal itu ketika diberitahu para kiai sepuh di Sukerojo, Jawa Tengah.

Menurut Ma'ruf, perhatian mantan Gubernur DKI Jakarta itu terhadap pondok pesantren terlihat pada empat tahun kepemimpinannya menjadi presiden. Pelbagai kebijakan Jokowi banyak atas dasar pertimbangan para ulama, kiai dan berdampak positif bagi pondok pesantren.

"Kita berdua sama-sama dari santri, jika Jokowi santri di Situbondo, dan Ma'ruf Amin dari Tebuireng," kata Ma'ruf. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya