Bukit Siau Merangin di Jambi Longsor, Listrik Beberapa Desa Terputus

Bukit Siau Merangin longsor 100 meter
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA – Hujan lebat mengguyur kabupaten dan kota Provinsi Jambi hingga menyebabkan banjir dan longsor. Kondisi itu membuat perekonomian warga terhalang.

Soal Sandiaga Kunjungi Rumah Prabowo, Gerindra Sebut Ada Gestur Politik

Sebuah bukit Muara Siau, Desa Lubuk Birah, Kabupaten Merangin, Jambi, longsor ke ruas jalan, kurang lebih sepanjang 100 meter. Akibatnya, listrik yang menghubungkan Desa Durian Rambun dan beberapa desa lainnya terputus, kegiatan warga pun terganggu. 

Pantauan VIVA di lapangan, selain longsor, tampak pohon besar dan tiang listrik tumbang. Plt Camat Siau, Abdul Lazik, saat dikonfirmasi mengatakan, longsor terjadi mulai Senin malam cukup besar.

Polri Sebut Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2024 Turun 12 Persen

Dalam beberapa tahun terakhir longsor diakibatkan hujan lebat merupakan bencana terbesar bagi warga setempat.

"Longsor kali ini cukup besar, panjangnya berkisar 100 meter, yang saat ini dalam pengerjaan warga agar bisa lewat," kata Abdul kepada VIVA, Selasa 13 November 2018.

Begini Potret Lebaran Prajurit Satgas MTF TNI Konga di Daerah Operasi Lebanon

Abdul mengatakan, dalam pengerjaan pembukaan jalan dilakukan dengan menebang pohon yang melintang di atas badan jalan.

“Untuk kayu-kayu, kita potong dengan mesin chainsaw. Tapi untuk tanah, itu harus menggunakan alat berat,” katanya kepada VIVA.

Rahmi, warga Desa Durian Rambun mengatakan, longsor di Siau tidak begitu sering, namun kalau hujan lebat selalu longsor. Akibatnya, akses perekonomian terputus.

"Kalau korban longsor tidak ada. Namun, warga kalau lewat terpaksa antre karena jalan sistem buka tutup," ujarnya.

Begitu juga curah hujan yang begitu lebat pada November selalu mendatangkan banjir, baik di kota Jambi maupun kabupaten, namun tidak sampai memakan korban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya