Ridwan Kamil akan 'Sulap' Alun-alun Cirebon Mirip Asia Afrika Bandung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Cirebon
Sumber :

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan merevitalisasi Alun-alun Kasepuhan Kejaksan Kota Cirebon dengan biaya pengerjaan Rp20 miliar. Rencananya, Ridwan Kamil akan mengubah kawasan alun-alun tersebut seperti di Jalan Asia Afrika Kota Bandung.

Kota Cirebon Masuk Level 2 dan Capaian Vaksinasi, Ini Kata Ketua DPD

Menurutnya, penambahan item di taman tersebut diantaranya adalah lahan parkir bawah tanah, karena untuk mengurai kepadatan kendaraan pengunjung yang kebetulan lokasinya berdekatan dengan Masjid Agung Kota Cirebon.

"Di Cirebon untuk tahun depan kita bersepakat ada alun-alun Kejaksan akan kita olah, akan pakai seni basement untuk parkir karena wisata religius nya meningkat," ujar Ridwan Kamil saat kunjungan ke Kota Cirebon, Rabu 14 November 2018.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Selanjutnya, tugu alun-alun juga akan diperbesar untuk memberikan nuansa baru bagi pengunjung. Sedangkan untuk pedagang kaki lima yang beroperasi di sampingnya, akan direnovasi dengan membuat gedung khusus untuk berjualan.

"Kemudian Tugu Proklamasi akan kita perbesar supaya lebih bagus, lebih dihormati, kemudian zona kaki lima kita naikan dua lantai," katanya.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

Untuk bagian muka depan, yakni Jalan Siliwangi, akan dibenahi untuk memberikan rasa nyaman bagi pejalan kaki. Bahkan, renovasi jalan tersebut dilakukan dengan target memiliki fungsi jalan utama yang biasa digunakan untuk perayaan hari-hari besar. "Seperti Asia Afrika, disitu cocok untuk peringatan hari jadi," ujar mantan Wali Kota Bandung ini.

Revitalisasi Alun-alun Kejaksan Cirebon

Foto: Rencana proyek revitalisasi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya