UGM Akui Pembakar Ijazah Bernama Arfiantriono Bekas Mahasiswanya

Kampus Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.
Sumber :
  • www.ugm.ac.id

VIVA – Sebuah video berisi alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta membakar ijazahnya menjadi viral di media sosial. Si pembakar diketahui bernama Arfiantriono Hartoadi, lulusan tahun 2000.

Marhan Harahap Diseret hingga Meninggal, Jenderal Mulyono 'Buang' Pangkat Bintang 4

Arfiantriono nekat membakar ijazah karena kecewa dengan penanganan UGM atas dugaan kasus pemerkosaan yang menimpa wanita bernama Ag oleh rekannya HS saat melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Pulau Seram, Maluku, tahun 2017.

"Lihat aku alumni UGM, dan aku malu," kata Arfiantriono dalam video itu.

Viral Dugaan Pengakuan Mahasiswa Filsafat UGM Lakukan Pelecehan Seksual

Otoritas UGM membenarkan nama Arfiantriono Hartoadi adalah alumnus kampus itu. Namun UGM menyayangkan tindakan Arfiantriono membakar ijazah itu.

"Itu kemarin kan videonya viral di medsos. Kemudian saya cari dan telusuri ternyata nama tersebut adalah alumnus UGM," kata Kepala Bagian Protokoler dan Hubungan Masyarakat UGM, Iva Ariani, kepada wartawan, Rabu, 14 Agustus 2018.

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

UGM tak bisa berbuat apa-apa karena pembakaran ijazah itu keputusan pribadi Arfiantirono. Karena itu pula UGM tak mempertimbangkan sanksi apa pun karena pembakaran itu tak berkaitan dengan universitas.

"Saya juga belum tahu detail dari sosok Arfiantriono. Tapi memang benar dia alumnus UGM," ujarnya.

Ditanya penyebab Arfiantriono membakar ijazah karena kecewa dengan kasus dugaan pemerkosaan mahasiswi UGM, Iva menyatakan tidak mengetahuinya. "Kami hanya tahu ada video viral di media sosial tentang pembakaran itu. Ada hubungannya dengan kasus itu, saya tidak bisa memastikannya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya