Tahun Ini, Anggaran Buku Nikah Capai Rp4,3 Miliar

Ilustrasi pernikahan.
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Direktorat Jenderal Bimbingan Islam, Kementerian Agama mencatat, anggaran untuk pengadaan buku nikah untuk seluruh Indonesia mencapai miliaran rupiah pada tahun ini.

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

"Anggaran buku nikah total Rp4.360.400.000," ujar Direktur Bina Kantor Urusan Agama dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama, Mohsen kepada VIVA, Kamis 15 November 2018.

Sementara itu, pengadaan buku nikah pada tahun ini mencapai empat juta buah. Buku nikah itu distribusikan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama, mulai tingkat provinsi, kabupaten, kota hingga kantor urusan agama (KUA) di kecamatan.

Tentukan Idul Fitri, Kemenag Gelar Sidang Isbat Malam Ini

Mohsen menuturkan, sejumlah daerah di Tanah Air, tercatat sebagai wilayah terbanyak permintaan buku nikah di antaranya, Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Sumatera Selatan, dan Provinsi Sumatera Utara. 

Sebab, jumlah pernikahan di daerah tersebut tahun ini cukup banyak. "Daerah tidak terlalu banyak peristiwa nikah, yaitu Papua dan Nusa Tenggara Timur," katanya. 

UIN Walisongo Gelar Dies Natalis ke-54, Targetkan Jadi Universitas Riset Terdepan

Ia menambahkan, untuk nikah tidak dikenakan biaya atau gratis, jika pernikahan itu dilaksanakan di Balai Nikah di KUA Kecamatan. Tetapi, apabila pelaksanaan nikah itu di luar balai nikah, seperti di gedung atau di rumah salah satu pasangan, akan dikenakan biaya Rp600 ribu. (asp)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024