Foto Anggota Polri Dukung Prabowo-Sandi ternyata Hoax

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA – Sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah anggota kepolisian mengenakan peci putih tengah duduk berkumpul di sebuah aula dilengkapi dengan keterangan bahwa para polisi itu siap mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Aksi tersebut viral di Facebook. Polri memastikan, keterangan foto tersebut adalah bohong atau hoax.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengonfirmasi kebenaran foto tersebut. Namun, narasi di foto tersebut disebutnya hoax.

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

"Narasi yang dibangun, tim siber kita sudah melacak berita yang disebarkan akun tertentu dalam tanda kutip, bahwa foto itu menunjukkan dukungan salah satu calon, itu hoax," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 19 November 2018.

Adapun foto yang beredar, menurut Dedi, adalah kegiatan meningkatkan iman dan ketakwaan Polri yang sedang melaksanakan pendidikan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Polda Jatim. Bahkan, kata Dedi, kegiatan itu diikuti tidak hanya agama Islam, namun agama lain dengan format peningkatan iman dan takwa.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

"Dilaksanakan tiga hari dalam rangka betul-betul memiliki iman dan takwa sebelum menjalani tugas kepolisian," ujar dia.

Program itu pun menurut Dedi sudah dibuat oleh Polda Jatim dan bukan baru sekali dilaksanakan. Sayangnya, dalam kegiatan terakhir, sebuah foto justru dipelintirkan. "Kami pastikan hoax. Tidak ada (dukung mendukung). Pak Kapolri juga dalam setiap kesempatan menyampaikan bahwa Polri netral dalam pemilu," ucap Dedi. 

Dalam foto yang beredar sejak Senin, 12 November lalu, terlihat petugas kepolisian berseragam dinas duduk rapi di sebuah aula. Para polisi tersebut mengenakan peci berwarna putih. Lalu salah satu Facebook memberi keterangan:

//Dapat dri grub suruh nyebarin biar merinding penjilat2 yg main curang.

KAMI POLRI SIAP MENGAWAL SUARA PRABOWO-SANDI DI PILPRES 2019. DEMI MENJAGA KEAMANAN NEGARA NKRI BAGAIMANA PENDUKUNG PRABOWO-SANDI APA SIAP MENGAWAL SUARA 02 DEMI MENUJU PERUBAHAN. //

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya