Garis Pantai Riau Terlalu Panjang, Jadi Surga Bandar Narkoba

Uang, paspor dan senapan disita Polda Riau dari bandar narkoba.
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA – Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Ajun Komisaris Besar Polisi Andri Sudarmadi mengatakan,  banyaknya pelabuhan kecil yang tidak resmi di pesisir pantai di wilayah Riau kerap dijadikan pintu masuk bagi pengiriman narkoba dari negara tetangga ke wilayah Indonesia.

Kapolda Riau dan Anak Buah Beri Rasa Aman dan Nyaman Pemudik saat Arus Balik, Begini Caranya

Andri mengatakan, sedikitnya ada 29 pelabuhan kecil di sepanjang pesisir pantai Riau yang memiliki panjang garis pantai mencapai 370 mil. Di pelabuhan itu, kapal-kapal kecil bisa langsung berlabuh di rumah-rumah penduduk.

"Banyak kapal kecil bisa sandar langsung ke rumah-rumah penduduk, ini kendala bagi kami," kata Andri, Rabu, 21 November 2018.

Kinerja Irjen Iqbal dan Anak Buah Buat Aman Riau Dapat Apresiasi MUI

Andri menambahkan, narkoba yang dikirim melalui pelabuhan-pelabuhan itu kerap berasal dari negara Malaysia. Nantinya barang haram tersebut masuk ke wilayah Riau dan disebarkan ke beberapa kota seperti Medan, Padang, Palembang, Lampung, dan Jakarta.

"(Paket narkoba) dari Muar, Malaka, Batu Pahat, Port Klang, Port Dickson. Masuk ke Dumai, Bengkalis, Meranti. Terus masuk lagi ke Dumai kotanya, lalu Sungai Apit, ke Pekanbaru. Tapi ada juga dari Dumai, langsung dibawa ke Padang, Palembang, Lampung, Jakarta," katanya.

Polisi Musnahkan 19 Ribu Lebih Mangga Dari Malaysia, Ini Alasannya

Dari sejumlah kasus narkoba yang berhasil diungkap, para pelaku sengaja memanfaatkan nelayan setempat sebagai kurir. Sebab dengan upah yang besar menggiurkan bagi para nelayan.

Untuk menjaga keamanan mereka, proses pengiriman narkoba melibatkan pihak-pihak yang tidak saling mengenal satu sama lain.

"Rata-rata memanfaatkan nelayan setempat. Sistemnya terputus. Tidak saling mengenal, tidak tahu siapa yang menghubungi," katanya.

Untuk mengantisipasi masuknya paket narkoba dari negara lain, pihaknya pun berupaya meningkatkan kerja sama dengan sejumlah polda lain diantaranya Polda Sumsel, Polda Jambi, Polda Bengkulu dan Polda Metro Jaya.

Tak hanya itu, kegiatan edukasi kepada nelayan agar tak tergiur dengan upah dari para bandar narkoba. Razia besar-besaran juga tetap dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya narkoba jelang akhir tahun.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya