Masih Cari CVR Lion Air, KNKT Sedot Lapisan Lumpur 

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT, menjelaskan upaya dan progres pencarian cockpit voice recorder atau CVR dari pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, di hadapan Komisi V DPR RI.

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono menjelaskan, saat ini luas area pencarian CVR yang dilakukan pihaknya sudah mencapai 300 meter, meskipun belum juga menemukan tanda-tanda keberadaan benda tersebut.

"Selanjutnya tim KNKT melanjutkan pencarian CVR dengan beberapa metode, termasuk dengan menggunakan air resolution sonar sub bottom profiling untuk mendeteksi benda apa saja yang terendam dalam lumpur," kata Soerjanto di Komisi V DPR RI, Senayan, Kamis, 22 November 2018.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

Melalui cara itu, KNKT pun melakukan penyedotan lumpur, di titik-titik yang dicurigai terdapat CVR atau blackbox tersebut. Dengan menugaskan penyelam profesional yang dibekali empat kamera robotik, misi pencarian itu pun masih dilakukan KNKT hingga saat ini.

"Karena kita tidak berani (menggunakan) penyelam dengan sistem scuba karena memang hal ini untuk kedalaman di bawah 25 meter, jadi tidak disarankan. Maka kami akan gunakan penyelam-penyelam yang cerifited untuk melakukan penyelamatan di antara kedalaman 25-35 meter tersebut," kata Soerjanto.

Mudik Lebaran 2024, Lion Air Grup Prediksi Kenaikan Penumpang 10-20 Persen

Lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT610 ini ternyata berdekatan dengan pipa-pipa milik Pertamina dan sejumlah jaringan kabel di bawah laut. Sehingga, diperlukan kapal-kapal yang memiliki kemampuan dinamik posisi, agar tidak perlu lepas jangkar.

Sebab, dikhawatirkan jika arus permukaan laut cukup kuat, maka jangkar itu akan berpotensi merusak jaringan pipa dan kabel-kabel tersebut. "Untuk itu pencairan tersebut butuh sesuatu yang tidak sederhana," ujarnya.

Pendiri Lion Group Rusdi Kirana

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

Pemilik Lion Group Rusdi Kirana mengungkapkan harapannya setelah Prabowo-Gibran diumumkan sebagai pemenang pemilu oleh KPU.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024