Longsor, Jalur Penghubung Sumbar dan Sumut Tak Bisa Dilintasi

Jalur penghubung Sumatera Barat dan Sumatera Utara tertutup longsor
Sumber :
  • VIVA / Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Arus lalu lintas Sumbar - Sumut lumpuh. Penyebabnya lantaran di kawasan Jorong Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu dini hari 1 Desember 2018 dihantam longsor.

Longsor Tewaskan 20 Orang, Pemerintah Tetapkan Tana Toraja Status Tanggap Darurat 

Tingginya material longsor yang menimbun ruas jalan tersebut, membuat akses lalu lintas penghubung dua provinsi itu terputus. Meski, saat ini sudah mulai bisa dilalui dengan sistem buka tutup, namun kondisi lalin masih belum normal.

"Pinggir jalan raya KM 13 dari Bukittinggi ke Pasaman tepatnya Batang Palupuh, telah terjadi tanah longsor dengan tinggi tanah longsor lima meter dan panjang tujuh meter. Longsor ini terjadi akibat tingginya curah hujan di daerah Palupuh. Akibatnya, arus lalu lintas yang dari Sumbar menuju Sumut jadi terganggu," kata Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, Sabtu 1 Desember 2018.

Korban Meninggal akibat Longsor Tana Toraja Capai 18 Orang

Hingga kini lanjut Arly, alat berat yang dikerahkan masih bekerja di lokasi untuk membersihkan sisa material tanah yang menutupi badan jalan. Pembersihan material juga dibantu oleh Polsek, Koramil Palupuh dan masyarakat setempat. 

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Arly mengingatkan kepada pengendara untuk tetap berhati-hati di kawasan rawan longsor. Terlebih lagi jika curah hujan tinggi.

BNPB Sebut 14 Orang Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor di Tana Toraja
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024