Kejaksaan Tengarai Kongkalikong Bank BJB Syariah Cairkan Rp566 Miliar

Kejaksaan Negeri Bandung menahan Direktur Utama PT Hastuka Sarana Karya, Andi Winarto, di Rumah Tahanan Kebonwaru, Bandung, Selasa, 4 Desember 2018.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Kejaksaan Negeri Bandung menahan Direktur Utama PT Hastuka Sarana Karya, Andi Winarto, di Rumah Tahanan Kebonwaru. Kejaksaan menengarai Andi terlibat dalam kasus korupsi kredit pembangunan Garut Super Blok dan pembiayaan CV Dwi Manunggal Abadi dari Bank BJB Syariah dengan kerugian negara Rp566,4 miliar.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

Setelah menjalani pemeriksaan ulang selama enam jam, Andi masuk ke mobil tahanan dikawal dua petugas tanpa mengeluarkan sepatah kata kepada wartawan

Menurut Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Bandung, Iwan Arto Koesoemo, Andi bersama Plt Direktur Utama BJB Syariah Yocie Gusman diduga melancarkan praktik itu sejak 2014 sampai 2016. Yocie kini menjalani masa tahanan sementara dan sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Kelas 1A Khusus Bandung untuk menjalani sidang perdana.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

“Untuk sementara yang bersangkutan ditahan dua puluh hari. Untuk Yocie juga saat ini sedang menunggu jadwal sidang,” ujar Iwan seusai memeriksa Andi di kantor Kejaksaan Negeri Bandung, Selasa, 4 Desember 2018.

Ketua tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Bandung, Erianto, menjelaskan bahwa Yocie maupun Andi secara sadar bekerja sama mencairkan dana kredit itu tanpa memperhatikan prinsip kehati-hatian antara bank dengan debitur maupun sebaliknya.

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan

Dalam pencairan itu, Andi mendapatkan dana untuk Garut Super Blok tanpa agunan. “Andi sebagai debitur, kemudian Yocie posisinya sebagai direktur pembiayaan BJB Syariah,” katanya.

“Untuk pemberian kredit itu melanggar prinsip kehati-hatian oleh pihak bank yang, menurut ketentuan seharusnya, dana itu tidak dicairkan karena memang dari dokumen yang ada, baik untuk Super Blok maupun DMA ini, tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dana,” ujarnya. (umi)

Sandra Dewi Hadir untuk Diperiksa Kejagung

Kabar Sandra Dewi Dicekal Kejagung, Pengacara Harvey Moeis Bilang Begini

Harris Arthur Hedar selaku kuasa hukum Harvey Moeis, menampik kalau Sandra Dewi dicekal Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus korupsi tata niaga timah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024