Tak Boleh Kasih Sepeda, Jokowi Beri Hadiah Album Foto kepada 2 Pelajar

Presiden Joko Widodo memberi hadiah Album Foto Pada Pelajar
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Presiden Joko Widodo menghadiri Milad satu abad Mu'allimin dan Mu'allimaat yang berlangsung di Kampus Mu'allimin, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Selain Presiden, hadir juga sejumlah menteri Kabinet Kerja di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Cerita Jokowi Bertemu Bos Apple-Microsoft: Memprihatinkan

Seperti biasa, Jokowi dalam kunjungan kerja ini meminta dua pelajar, masing-masing satu dari Mu'allimin dan Mu'allimaat, untuk maju ke panggung untuk diberi pertanyaan.

"Tunjuk jari dulu. Siapa yang paling semangat maju ke depan akan saya tunjuk," kata Jokowi di Kampus Mu'allimin, Kamis 6 Desember 2018.

Jawaban Kocak Jokowi Usai Lengser

Dua pelajar maju, yakni Diko asal Magetan, Jawa Timur, dan Ica yang berasal dari Kutai Kartanegara. Jokowi pun langsung memberikan pertanyaan terkait dengan infrastruktur yang baru saja dibeberkan di hadapan ribuan pelajar Mu'allimin dan Mu'allimaat.

"Saya mau tes apakah tadi menyimak apa yang saya jelaskan," kata Jokowi.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Jokowi: Udah Bener

Jokowi pun memberi pertanyaan kepada Diko tentang apa saja infrastruktur itu? "Ada bandara, ada jembatan, pelabuhan," jawab Diko. 

"Betul, berarti tadi memperhatikan," ucap Jokowi lagi.

Jokowi kembali memberikan pertanyaan manfaat pembangunan infrastruktur di Indonesia kepada Diko. "Ya untuk menghubungkan antar pulau dan untuk persatuan," jawab Diko.

"Ya betul, tapi hari ini tidak ada hadiah sepeda karena tidak boleh," tutur Jokowi.

Kini giliran Ica yang mendapatkan pertanyaan dari mantan wali kota Solo tersebut. "Saya minta sebutkan lima suku yang di Indonesia dan tinggal di pulau apa," kata Jokowi.

Ica pun langsung menjawab Suku Dayak di Pulau Kalimantan, Suku Jawa di Pulau Jawa, Suku Asmat di Papua, Suku Bugis di Sulawesi, dan Suku Batak di Pulau Sumatera.

"Dah betul semua, memang pintar-pintar siswa di sini. Tapi saya tidak boleh kasih sepeda," ujar Presiden.

Tak ingin pelajar yang maju kecewa, Jokowi lalu menawarkan album foto berdua di atas panggung pada dua pelajar tersebut.

"Kalau sepeda tidak boleh sekarang saya kasih kenang-kenangan album foto," tutur Jokowi.

Ica dan Diko pun senang dengan hadiah sebuah album yang berisikan foto mereka sendiri-sendiri bersama dengan Presiden RI Joko Widodo. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya