Cerita Gibran Rakabuming Tak Mau Gunakan Nama Widodo

Keluarga Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq.

VIVA – Putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, menyinggung soal nama keluarga yang disematkan seseorang untuk menunjukkan identitasnya. Kerap kali, nama belakang itu selalu ditonjolkan, agar publik tahu dirinya adalah anak dari pejabat atau tokoh tertentu dan mendapat perlakuan khusus.

10 Hari Isoman, Gibran Masih Dinyatakan Positif COVID-19

Namun, Gibran mengaku, sejak kecil ia dan kedua adiknya, dididik untuk mandiri. Ia tidak mau mendompleng nama besar orangtuanya. 

"Dari dulu kan anak-anak bapak enggak ada yang pakai nama belakang. Jadi saya Gibran Rakabuming, Kaesang juga Kaesang Pangarep bukan Kaesang Widodo atau Kaesang Jokowi. Kita ini dituntut untuk menanggung nama sendiri, saya sebagai Gibran," katanya dalam perbincangan santai di Green Garden, kompleks Kebun Raya Bogor, Sabtu 8 Desember 2018.

Dokter Kepresidenan Pantau Kondisi Gibran yang Terpapar COVID-19

Diakuinya dalam politik kerap menggunakan nama orangtua, yang sukses dalam pemerintahan maupun dalam karier politik, digunakan oleh anaknya. Namun, ia tidak melakukan itu.

Menurutnya, bahwa masyarakat mengenal Gibran atau Kaesang sebagai Putra Jokowi, Presiden RI ke-7, hanya bonus. 

Gibran Diswab PCR Lagi, Demi Bisa Dampingi Kunker Jokowi ke Solo

"Tapi kita selalu menonjolkan nama sendiri-sendiri bukan nama orangtua. Kita berdua membesarkan nama kami sendiri tanpa embel-embel orangtua meski orang pasti mengaitkan hal itu. Tapi itu kami anggap sebagai bonus. Kami berdua tetap kerja keras," kata Gibran, yang kini masih setia sebagai pengusaha.

Jokowi sendiri mengaku senang, anak-anaknya bisa mandiri. Dengan begitu, Jokowi kini tidak lagi harus mengkhawatirkan masa depan anak-anaknya. 

"Saya bangga bersyukur mereka bisa mandiri. Ada yang jualan kopi, martabak, pisang goreng yang penting mandiri. Artinya saya sudah enggak mikir mereka harus dicarikan pekerjaan apa. Itu yang saya syukuri. Nikmat ada cucu lagi, perempuan sudah. Jan Ethes sudah, Sedah Mirah juga sudah," kata Jokowi.

Hari Sabtu 8 Desember pagi ini, Jokowi menyempatkan meluangkan waktunya untuk kumpul bersama keluarga. Sejak sore kemarin, sudah kumpul Gibran dengan istrinya Selfie Ananda, Kahiyang Ayu dengan suaminya M Bobby Nasution, dan putra bungsunya Kaesang.

Sayangnya, pada Sabtu subuh tadi, Kaesang harus terbang ke Makassar untuk urusan bisnis, sehingga, tidak bisa ikut berkumpul bersama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya