7 Hari Hilang, 3 Jasad Awak KM Gerbang Samudra I Ditemukan

Tim Basarnas Surabaya mencari korban di bangkai kapal terbakar
Sumber :
  • Basarnas

VIVA – Upaya pencarian korban kebakaran Kapal Motor Gerbang Samudra I di Perairan Karang Jamuang, Gresik, Jawa Timur akhirnya berhasil. Tiga korban ditemukan tak bernyawa dengan kondisi jasad terbakar di dalam kapal nahas tersebut.

ABG 16 Tahun Nyetir Yaris, Tabrak 11 Motor dan 2 Mobil di Bekasi

Tiga jenazah saat ini sudah dievakuasi dan dalam proses identifikasi. Operasi pencarian oleh Tim SAR dilakukan dengan menggunakan Kapal Navigasi SAR 225 Widura.

Mulanya, dua titik pencarian dilakukan yakni di laut sekitar kapal terbakar. Perkiraan awal tiga korban menyelamatkan diri dengan meloncat ke laut tapi diduga tenggelam. Pencarian kedua kemudian dilakukan di dalam bangkai kapal, dengan perkiraan korban terjebak saat api melahap badan kapal.

Mobil Pikap Sarat Muatan Terguling di Pamekasan, Belasan Orang Terkapar di Jalan

Namun, pencarian di laut tak menemukan keberadaan tiga korban. Tim kemudian fokus untuk mencari di dalam badan kapal yang sudah terbakar. Tapi, tim tak bisa langsung menjangkau karena bangkai kapal masih panas lantaran bara api.

Komandan Tim KN SAR Widura, Eko Priambodo, mengatakan, pihaknya baru bisa melakukan survei di atas bangkai kapal pada pencarian hari keempat, Rabu, 5 Desember 2018.

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

Namun, saat itu tim belum bisa melakukan penyisiran karena kondisi kapal yang masih penuh bara dan asap di beberapa titik. Selanjutnya, tim baru bisa menjangkau dan menyisir bagian dalam kapal pada Sabtu hari ini, 8 Desember 2018.

"Di ruangan kapten, tim menemukan jenazah," katanya dikonfirmasi VIVA melalui sambungan telepon genggam.

Dari ruangan kapten, tim kemudian menyisir di ruangan kadet. Kata Eko, area ruangan kapten dan kadet berada satu dek. Di ruangan kadet tim juga menemukan bagian tubuh jenazah.

"Kami sudah melakukan penyisiran di semua bagian bangkai kapal. Tapi, jenazah hanya ditemukan di ruangan kapten dan kadet itu," ujarnya.

Saat ini, lanjut Eko, jenazah sudah berada di RS Bhayangkara Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk proses identifikasi. Tim masih butuh kepastian soal jenazah yang ditemukan terbakar adalah tiga awak kapal yang hilang seperti data sebelumnya. Sebab, saat ditemukan kondisi jenazah sudah tidak bisa dikenali.

"Sekarang proses identifikasi jenazah," katanya.

Sebelumnya, KM Gerbang Samudra I Surabaya-Banjarmasin mengalami kebakaran di Perairan Karang Jamuang, Gresik, pada Minggu dini hari, 2 Desember 2018. Data terkini, kapal nahas itu membawa total 133 orang.

Saat itu, sebanyak 130 penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat, sementara tiga ABK, Soehaldani (nakhoda) dan dua kadet, Nurul Fardillah dan Sirka Mala Marifat, hilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya