Jokowi: Negara Kita Banyak Tumpang Tindih Lahan

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA / Agus Rahmat

VIVA – Selama empat tahun memimpin, pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memfokuskan pada pembangunan infrastruktur.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Dalam pelaksanaannya, ternyata terungkap banyak persoalan. Salah satu yang menjadi hambatan adalah adanya tumpang tindih lahan. 

"Apa yang kita lihat di lapangan dalam pembangunan infrastruktur, saya semakin tahu, semakin sadar bahwa di negara kita terlalu banyak yang namanya tumpang tindih pemanfaatan lahan. Semakin ke lapangan semakin tahu di mana-mana urusannya itu," kata Presiden Jokowi, dalam peluncuran “Geoportal Kebijakan Satu Peta, Peluncuran Buku Kemajuan Infrastruktur Nasional, dan Penganugerahan Bhumandala Award”, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa 11 Desember 2018.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Kebijakan satu peta ini, bisa diakses dalam satu geoportal. Dengan begitu, setiap kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah, tidak lagi membuat peta masing-masing yang justru berbeda-beda. 

"Dengan kebijakan one map policy ini, tadi tumpang tindih bisa kita selesaikan. Contoh Kalimantan, 19,3 persen tumpang tindih pemanfaatan lahan itu ada di sana," kata Jokowi.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Target peta tematik, sebenarnya 85. Namun, sudah 83 yang diselesaikan. Meski begitu, Jokowi mengapresiasi kerja tim percepatan satu peta yang mampu merampungkan ini. 

"Ini sudah kita siapkan lama upaya-upaya untuk mempercepat kebijakan ini," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu. 

Dengan adanya satu peta ini, Jokowi menegaskan tidak ingin lagi melihat masing-masing kementerian dan lembaga tidak sinkron karena beda peta. Maka ini bisa digunakan sebagai acuan utama. 

Jokowi juga semakin optimistis, perencanaan pembangunan bisa lebih baik lagi. "Nantinya perencanaan pembangunan bisa lebih akurat lagi. Bukan hanya berdasarkan data tapi juga peta yang detail," tutur Jokowi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya