21 Polres Raih Penghargaan, Menpan RB Minta Polri Terus Inovasi

Kementerian PAN-RB memberi penghargaan kepada Polres dengan pelayanan terbaik
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

-VIVA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi memberikan penghargaan pelayanan publik terbaik kepada 21 Polres, Selasa, 11 Desember 2018.

Gelap Mata, Pencari Kepiting Bunuh Temannya Gara-gara Rebutan Wilayah

Polres Banyuwangi dan Polrestabes Surabaya mendapatkan predikat pelayanan prima, sedangkan 19 Polres lainnya mendapatkan pelayanan predikat sangat baik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi  Syafruddin mengatakan, penghargaan ini evaluasi tahunan inovasi pelayanan publik yang diberikan kepada Polres berprestasi dalam rangka pelayanan publik. "Yang menunjukkan kinerja optimal dalam pelayanan
publik institusi Polri," ujar Syafruddin di Shangrila Hotel, Jakarta Pusat.

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Mantan Wakapolri itu menjelaskan, organisasi Korps Bhayangkara ini merupakan organisasi yang menopang dalam peradaban bangsa. 

"Apabila Polri semakin dipercaya, dicintai publik menjelma sebagai institusi yang diharapkan masyarakat maka niscaya seluruh arah pembangunan dapat dikawal menuju gerbang kesejahteraan," ujarnya. 

Polisi Tahan Pelatih Paskibra di Surabaya, Disangka Perkosa Siswi SMP

Ia meminta kepada jajaran anggota Polri untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, menurut dia, negara Mongolia yang merupakan negara terpencil sudah melakukan inovasi. 

"Saat ini berlomba untuk melakukan inovasi. Negara ini membutuhkan inovasi yang tujuannya melayani publik karena masyarakat semakin pintar dan kritis,” katanya. 

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, Diah Natalisa menjelaskan, sasaran evaluasi pelayanan publik Polres adalah pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Evaluasi tahun 2018 ini dilakukan secara online, di mana nilai evaluasi diolah lebih lanjut dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik.  

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi Rudi Setiawan merasa bangga atas penghargaan yang diberikan Menpan-RB tersebut. Karena, telah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. 

Ke depannya, pelayanan publik di Polrestabes Surabaya harus terus dipertahankan dan lebih baik lagi.  "Tantangan dari intern harus terus memegang komitmen harus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan transparansi, kita harus mengedukasi masyarakat," ujar Rudi. 

Kapolres Banyuwangi Ajun Komisaris Besar Polisi Taufik Herdiansyah Zeinardi mengatakan, salah satu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yaitu masalah pelayanan SIM. "Kami membuat si Jempol, SIM jemput bola pakai mobil kami yang datang ke masyarakat, dan pelayanan SIM di malam hari," kata Taufik. 

Daftar Polres peraih pelayanan prima: 
1.    Polres Banyuwangi
2.    Polrestabes Surabaya

Polres dengan predikat pelayanan sangat baik: 
1.    Polres Malang
2.    Polresta Sidoarjo
3.    Polres Cirebon
4.    Polres Kendari
5.    Polres Sukabumi Kota
6.    Polres Karawang
7.    Polres Ogan Komering Ulu (OKU)
8.    Polres Banjarmasin
9.    Polres Singkawang
10.    Polres Subang
11.    Polres Gresik
12.    Polresta Palembang
13.    Polres Musi Banyuasin
14.    Polres Solok Kota
15.    Polresta Surakarta
16.    Polres Banjarbaru
17.    Polresta Barelang
18.    Polres Tuban
19.    Polres Malang Kota. (dau)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya