Jokowi Diingatkan Tak Ceroboh Bereskan Kasus Pembantaian di Papua

Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah, Mervin Sadipun Komber.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Presiden Joko Widodo diingatkan agar tidak ceroboh atau serampangan menyelesaikan kasus pembantaian para pekerja jalan trans-Papua oleh kelompok kriminal bersenjata di Kabupaten Nduga, Papua. Penting diinvestigasi lebih dahulu latar belakangnya sebelum menentukan kebijakan apa pun.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Seorang senator asal Papua Barat, Mervin Sadipun Komber, mendesak Jokowi membentuk tim pencari fakta atau TPF untuk menyelidiki semua yang berkaitan dengan penyerangan itu, termasuk kelompok penyerang. Sebab, katanya, pemerintah akan kesulitan menemukan solusinya kalau tak diketahui motifnya.

"Kalau tidak tahu motifnya apa, susah menyelesaikannya," kata Mervin saat berbicara dalam forum Focus Group Discussion di kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Kota Serang, Banten, Selasa, 11 Desember 2018.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Dia mengingatkan, pemerintah tak dapat berspekulasi bahwa penyerangan itu bermotif politik, misal kelompok separatis yang menginginkan kemerdekaan Papua. "Tidak semua tentang politik. Dicek dulu motifnya apa, setelah itu baru pihak berwenang mengambil keputusan selanjutnya," ujarnya.

Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah itu mewanti-wanti pemerintah juga agar pembangunan dalam bentuk apa saja di Papua tetap melibatkan penduduk setempat. Alasannya, selain demi meningkatkan perekonomian masyarakat Papua, penduduk lokal lebih mengetahui kondisi adat istiadat dan alam di daerahnya.

Bobon Santoso Menangis Sesenggukan Usai Ceritakan Mengenai Papua

"Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), dalam hal ini Balai Jalan, bersama dengan pemda (pemerintah daerah), sebelum pembangunan jalan di pedalaman, bisa berkonsultasi dengan adat, karena mereka mengetahui kondisi setempat," ujarnya. (umi)

PYCH binaan BIN menggelar berbagai kegiatan

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan Badan Intelijen Negara (BIN) terus menggelar berbagai kegiatan yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat di berbagai desa Papua.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024