Sungai Terpanjang di Sumatera Meluap, Warga Jambi Cemas

Sungai Batanghari Jambi meluap
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syarifudin Nasution

VIVA – Sungai Batanghari, Jambi mulai meluap ke pemukiman warga. Sungai terpanjang di Sumatera itu sudah meluap hingga menggenangi rumah warga setinggi betis orang dewasa.

Kacau! Buaya Besar Muncul saat Banjir di Jambi

Meluapnya air sungai ini akibat intensitas hujan yang deras. Akibatnya warga pinggiran sungai cemas karena air semakin hari semakin bertambah.

Pantauan VIVA tampak beberapa pekarangan rumah warga tergenang banjir. Rumah warga juga terlihat tergenang. Namun, warga hanya bisa naik perahu melintasi air saat mau ke jalan raya.

Sungai Batanghari di Tebo Jambi Naik, Puluhan Rumah Warga Tergenang

Selain itu, air sungai juga hampir mendekati jalan raya yang tak jauh dari sungai.

Asni, Warga buluran Kecamatan Telanaipura cemas dengan air sungai naik ke permukaan. Ia menceritakan tahun lalu pernah terjadi peristiwa air sungai naik sampai sepaha orang dewasa dan masuk rumah.

Diguyur Hujan Deras, Enam Desa di Kerinci Jambi Tergenang Banjir

"Kita berharap air naiknya tidak seperti air naik tahun sebelumnya sampai menggenangi rumah warga," kata Asni, Selasa, 11 Desember 2018.

Hal sama disampaikan Rini, warga Kelurahan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura. Ia khawatir jika air sungai naik ke sampai permukaan jalan raya karena bisa menghalangi arus lalu lintas.

"Air masih naik ke pekarangan rumah kalau air sempat naik ke jalan raya air pasti membanjiri ratusan rumah warga lainnya karena jalan raya ke sungai tidak jauh," ujarnya.

Adapun dari penelusuran VIVA, di seberang Kota Jambi tampak air sungai sudah meluap dan mengenai pekarangan ribuan rumah warga. Meski masih terlihat rumah panggung, warga tetap cemas jika air terus menerus naik.

Selain itu, akses jalan setapak di antara rumah warga tidak terlihat lagi. Warga yang ingin beraktivitas berangkat kerja pun mesti naik perahu ke jalan raya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya