Sungai Terpanjang di Sumatera Meluber, Tujuh Kecamatan di Jambi Banjir

Area perkebunan di sekitar permukiman warga tergenang akibat air luapan Sungai Batanghari di Kabupaten Batanghari, Jambi, Rabu, 12 Desember 2018.
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA – Tujuh kecamatan di Kabupaten Batanghari, Jambi, kebanjiran pada Rabu, 12 Desember 2018. Banjir itu ditengarai akibat Sungai Batanghari, sungai terpanjang di Sumatera, meluap setelah hujan kian sering di bagian hulunya.

Banjir Landa Muaro Jambi, Siswa Sudah 2 Minggu Diliburkan

Sebagian besar wilayah di Jambi, termasuk di Kabupaten Batanghari, sebenarnya belum sering diguyur hujan. Tetapi air luapan Sungai Batanghari mulai meluber, sehingga menggenangi daratan di Kabupaten Batanghari. Ketinggian air di daratan rata-rata 60 sentimeter atau selutut orang dewasa.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah, sebagian besar wilayah yang terdampak luapan Sungai Batanghari ialah area pertanian dan perkebunan, belum menggenangi rumah-rumah meski sudah membanjiri perkarangan.

61 Desa di Muaro Jambi Diterjang Banjir, Ekonomi Warga Terganggu

Sekretaris BPBD Batanghari, Jambi Samral Lubis, mengatakan bahwa ketinggian air masih fluktuatif alias naik-turun. Karena itu pula pemerintah masih menetapkan status siaga dan belum ditingkatkan menjadi tanggap darurat. Meski curah hujan turun, jika hujan lagi dan permukaan air naik satu meter, Batanghari kritis atau masuk status bencana.

"Air sungai meluap ini juga menggenangi sekolah, dan ada juga longsor mengakibatkan badan jalan ambles," katanya.

Asrama Pesantren Banjir Besar, Puluhan Santri di Kota Jambi Diliburkan

Tim BPBD terus meningkatkan pemantauan ketinggian muka air. Jika terjadi peningkatan mencapai 1 meter atau lebih, aparat segera mengumumkannya agar masyarakat waspada. "Lebih khawatir lagi. longsor tebing akan berdampak pada permukiman warga yang rumahnya berada di pinggir sungai," katanya. (art)

Foto Banjir di Kota Jambi

Banjir Besar di Jambi Belum Surut, Aktivitas Pertambangan Dituding Jadi Penyebabnya

Banjir Besar di Jambi Belum Surut, Penyebab Aktivitas Pertambangan

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2024