Jadi Pembicara di Australia, Kapolri Bicara Peran ISIS Pengaruhi JAD

Kapolri Tito Karnavian bertemu dengan kepolisian Australia
Sumber :
  • Istimewa/Bayu Januar

VIVA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan perkembangan terorisme global saat ini dapat dikategorikan ke dalam dua gelombang. Gelombang pertama yaitu terjadi sejak kemunculan Al-Qaedah dan bagaimana hubungannya dengan Jamaah Islamiyah di Indonesia.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Hal itu disampaikan Tito saat menjadi pembicara Victoria Police and Leadership in Counter Terrorism Alumni Assocition 2018 Internasional Counter Terrorism Forum di Melbourne Australia, Rabu, 12 Desember 2018.

“Dan gelombang kedua mulai dirasakan sejak kehadiran ISIS dan bagaimana pengaruhnya dengan Jamaah Anshorut Daulah (JAD) yang ada di Indonesia,” kata Tito melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA, Rabu, 12 Desember 2018.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Tito pun mengatakan ada dua hal penting yang bisa ditempuh dalam penanganan kejahatan terorisme. Penanganan itu melalui pendekatan keras atau hard approach maupun pendekatan lunak atau soft approach.

“Namun, kedua pendekatan ini harus berjalan secara simultan guna mengoptimalkan hasil dan tujuan yang hendak dicapai,” ujarnya.

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Di samping itu, Tito mengatakan penegak hukum juga penting untuk memahami pemahaman, mind set maupun perilaku bertindak yang menjadi strategi dari pelaku teror.

“Pemahaman ini akan mempengaruhi pilihan bertindak bagi para penegak hukum guna melaksanakan counter strategy untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan terorisme,” katanya.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Republik Islam Iran mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap anggota kelompok terorisme Islamic State atau ISIS yang merencanakan serangan di negara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024