Menteri Agama Ajukan Syarat Tambah Kuota Haji

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membantah pemberitaan bahwa permintaan Indonesia ke Arab Saudi agar menambah kuota haji ditolak. 

10 Catatan Perjalanan Haji Indonesia Tahun 2019 

Menurutnya, Kemenag fokus pada usulan agar Pemerintah Saudi menambah fasilitas tenda dan toilet di Mina terlebih dahulu.

“Tidak benar bila dikatakan Saudi Arabia tak meloloskan permintaan Indonesia terkait penambahan kuota haji," kata Lukman Hakim Saifuddin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, 13 Desember 2018. 

Saudi Bangun 60 Ribu Toilet Bertingkat di Mina, RI Minta Didahulukan

Kementerian Agama, lanjut dia, tidak akan mengajukan permintaan itu sebelum jumlah tenda dan toilet di Mina ditambah. Sebab, kata dia, tenda dan toilet yang ada saat ini tidak mencukupi untuk jumlah kuota haji Indonesia sekarang. 

“Selama kapasitas tenda dan jumlah toilet di Mina masih amat terbatas seperti saat ini, menambah kuota haji justru akan timbulkan tragedi kemanusiaan bagi jemaah haji,” katanya. 

Mantan Menag Lukman Hakim Diperiksa Terkait Haji dan Gratifikasi

Menag Lukman pun telah menandatangani MoU Penyelenggaraan Ibadah Haji 1440H/2019 Masehi di Mekkah bersama Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Saudi Muhammad Salih bin Taher Benten.  

Replika sumur Zamzam dan penutupnya di Museum Haramain, Mekah

Sejarah Sumur Zamzam dari Masa ke Masa

Air zamzam berasal dari mata air suci di sekitar Ka'bah

img_title
VIVA.co.id
27 November 2023