Raih Indeks Demokrasi Tertinggi, 4 Provinsi Dapat Penghargaan dari BPS

Empat provinsi raih penghargaan nilai tertinggi Indeks Demokrasi Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Badan Pusat Statistik atau BPS memberikan penghargaan kepada empat provinsi yang mendapatkan nilai tertinggi, dalam Indeks Demokrasi Indonesia atau IDI. 

Prabowo: Demokrasi Artinya Rakyat yang Berkuasa

Kepala Badan Pusat Statistik  Suhariyanto mengatakan, nilai IDI di 2017 sebesar 72,11. Data dari 34 provinsi di Indonesia menunjukkan, terdapat empat provinsi yang mendapat kategori baik, serta tidak ada satupun provinsi yang nilai IDInya di bawah 60 atau berkategori buruk.

"Dengan kata lain tidak ada provinsi yang IDInya berkategori buruk. Sebaliknya dari 34 provinsi, ada empat provinsi yang indeks demokrasinya berkategori baik nilainya di atas 80," ujar Suhariyanto di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis, 13 Desember 2018.

Pemerintah Sebut Indeks Demokrasi di Indonesia Tunjukkan Perbaikan

Empat provinsi tersebut adalah Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan Utara, dan Bangka Belitung.

Ke depannya, Suhariyanto berharap, provinsi lain dapat mengikuti jejak para pemenang penghargaan, hari ini. Menurut dia, sejak 2009 angka IDI cenderung fluktuatif mengalami naik dan turun, seiring peristiwa politik yang terjadi di berbagai provinsi. "Tentunya kami berharap ke depan provinsi-provinsi lain menyusul bergerak dari sedang menjadi baik," ujarnya. 

Indeks Demokrasi Indonesia 2021 Naik, Tapi Masih Cacat

Hal ini, menurut dia, menunjukkan instrumen yang digunakan untuk menyusun indikator IDI cukup sensitif, dan mampu menangkap gambaran tentang perkembangan demokrasi di berbagai provinsi. (dau)

Prabowo Subianto

Prabowo Bangga dengan Demokrasi Indonesia, Pemilu 2024 Berjalan Baik

Prabowo mengatakan meskipun demokrasi berjalan baik di Indonesia, masih banyak ruang untuk perbaikan. Ia menyebut Indonesia adalah negara besar yang terdiri banyak pulau.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024