Delapan Jenazah Tertimbun Longsor di Toba Samosir Ditemukan

Longsor di Toba Samosir
Sumber :
  • Twitter Sutopo

VIVA – Bencana longsor terus terjadi di sejumlah daerah seiring meningkatnya curah hujan. Tim SAR gabungan berhasil menemukan delapan jenazah yang tertimbun longsor di Desa Halado Kecamatan Pintu Pohan Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

2 WNA Tewas Tertimbun Tanah Longsor saat Menginap di Villa Yeh Baat Tabanan

Tim SAR berhasil menemukan delapan jenazah pada Kamis dini hari, 13 Desember 2018 sekitar pukul 02.00 WIB. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, longsor menimbun empat rumah dengan 12 orang warga di dalam rumah saat masih tidur.

"Dua orang masih dalam pencarian dan dua orang selamat dalam kondisi luka-luka. Korban dibawa ke rumah sakit terdekat," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 13 Desember 2018.

Banjir Melanda Kota Semarang Akibat Cuaca Ekstrem, Ini Dampak Lainnya

Sutopo menambahkan, intensitas hujan yang terus mengguyur sejak lima hari terakhir menyebabkan longsor di beberapa tempat. Salah satunya di Kabupaten Toba Samosir. Dalam bencana ini, posisi rumah yang tertimbun berada di bawah lereng perbukitan. Material longsor di perbukitan pun langsung jatuh dan kemudian menimbun empat rumah di bawahnya.

Sementara, tim SAR gabungan dari BPBD Toba Samosir bersama TNI, Polri, Basarnas, dan pihak lain sejauh ini masih terus melakukan pencarian dan evakuasi korban.

31 Titik Banjir di Kota Semarang Akibat Hujan Deras

Adapun Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir diketahui sudah meninjau ke lokasi bencana. Untuk mendukung proses evakuasi, setidaknya lima unit alat berat sudah dikerahkan ke lokasi.

BRI Peduli salurkan bantuan tanggap bencana

BRI Peduli Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Bencana Banjir dan Longsor di Sumbar dan Jabar

Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli bergerak cepat lakukan penyaluran bantuan tanggap bencana bagi warga terdampak banjir & tanah longsor di berbagai daerah.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024