Jalan Lintas Nasional di Aceh Terputus Akibat Longsor

Bencana longsor di Aceh.
Sumber :
  • Foto: Badan Penanggulangan Bencana Aceh

VIVA – Hujan yang mengguyur Aceh selama sepekan terakhir mengakibatkan ruas jalan lintas nasional yang menghubungkan Kabupaten Aceh Tengah menuju Nagan Raya terputus akibat longsor.

Longsor Tewaskan 20 Orang, Pemerintah Tetapkan Tana Toraja Status Tanggap Darurat 

Badan jalan amblas dan menutup jalan lintas sehingga terputus. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh, T Ahmad Dadek mengatakan penyebab longsor akibat faktor curah hujan yang masih tinggi dan mengguyur kawasan tersebut.

“Curah hujan yang tinggi terjadi sejak tiga hari terakhir ini menyebabkan longsoran tebing sehingga badan jalan amblas dan putus total,” ujar Ahmad Dadek saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 13 Desember 2018.

Korban Meninggal akibat Longsor Tana Toraja Capai 18 Orang

Dadek menyebut longsor sepanjang 40 meter dengan kedalaman 15 meter tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB.

Kini, petugas penanggulangan bencana setempat bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Aceh telah berada di lokasi untuk melakukan penanganan dan membuka jalur alternatif. Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban jiwa.

BNPB Sebut 14 Orang Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor di Tana Toraja

“Petugas sedang mengupayakan membuka jalur alternatif sehingga dalam waktu yang tidak begitu lama masyarakat bisa kembali memanfaatkan jalan tersebut,” sebutnya.

Dadek mengimbau masyarakat wilayah Aceh Tengah tetap siaga. Berdasarkan informasi BMKG hujan akan terus mengguyur daerah itu. Karena hujan, diprediksi longsor susulan akan kerap terjadi.

“Masyarakat diminta untuk menjaga lingkungan serta tetap berhati-hati ketika berada di luar rumah,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya